partner

partner

Ditegur Presiden, Jonan Perbolehkan Kembali Ojek Online Berpoerasi


RI- Meski dianggap melanggar Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, namun akhirnya Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Jumat (18/17) memperbolehkan beroperasinya kembali Ojek berbasis aplikasi. Sebelumnya Menhub pada Kamis (17/12) mengeluarkan larangan beroperasinya Gojek dkk karena dianggap tidak memenuhi ketentuan sebagai angkutan umum.

Akibat larangan tersebut, timbul gejolak cukup besar dalam masyarakat. Presiden Joko Widodo akhirnya angkat bicara dan menyatakan kehadiran ojek atau gojek dan lain sebagainya adalah karena kebutuhan masyarakat. Karena itu sebaiknya ditata, bukan dilarang.

"Sepanjang itu dibutuhkan masyarakat, saya kira ngga ada masalah", kata Presiden di Istana Bogor, Jabar, Jumat (18/12).

Menurut Presiden, yang harus dilakukan Kementerian Perhubungan adalah melakukan penataan. Ia menunjuk Dinas Perhubungan, Kementerian Perhubungan seharusnya memberikan pembinaan,menata sehingga keselamatan dari penumpang juga bisa dijaga. “Siang-siang nanti saya panggil Menteri Perhubungan", tegas Jokowi.

Setelah dipanggil Presiden, Menhub akhirnya membatalkan larangan beroperasinya Ojek berbasis aplikasi. 

Dalam konperensi pers di kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Jumat (18/12) pagi, Menhub menjelaskan, sesuai Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, kendaraan roda dua sebenarnya tidak dimaksudkan untuk angkutan publik.

Namun realitas di masyarakat, lanjut Menhub, menunjukkan adanya kesenjangan yang lebar antara kebutuhan transportasi publik dan kemampuan menyediakan angkutan publik yang layak dan memadai.

"Atas dasar itu, ojek dan transportasi umum berbasis aplikasi dipersilakan tetap beroperasi sebagai solusi sampai transportasi publik dapat terpenuhi dengan layak", kata Jonan.

Adapun terkait dengan aspek keselamatan di jalan raya yang menjadi perhatian utama pemerintah, Menhub menganjurkan pemilik gojek dan semacamnya untuk berkonsultasi dengan Korlantas Polri.  (BS/PUR)



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes