partner

partner

KPU, Masyarakat Boleh Foto Hasil Suara di Form C1 Pleno


RI- Untuk meminimalisir kemungkinan kecurangan petugas, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempersilahkan masyarakat ikut berperan dalam mengamankan hasil pemungutan suara, dengan jalan memfoto hasil pemungutan suara di Form C1 Pleno.

“Boleh memfoto C1 Plano. Kalau Form C1 nya kan nanti di scan saja. Kalau nanti ada beda dari TPS dan di kecamatan, bisa langsung lapor”, kataKomisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (2/12).

Namun demikian Ferry juga menghimbau masyarakat pemilih juga berperilaku jujur, adil dan tidak terlibat praktik politik uang, dengan jalan tidak membawa alat rekam baik kamera maupun ponsel ke dalam bilik suara, untuk menjunjung kerahasiaan pemilu.

“Itu untuk mencegah adanya praktik politik uang setelah mereka memfoto dirinya yang sedang mencoblos pasangan tertentu sebagai bukti untuk kemudian ditukarkan dengan barang atau jasa tertentu”, jelasnya.


Untuk keperluan ini, Ferry mengaku akan memberikan bimbingan teknis kepada petugas di TPS untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu kepada pemilih. “Petugas TPS akan menyediakan tempat penitipan barang-barang tersebut sampai pemilih menggunakan hak suaranya”, ujarnya.   (04/trb)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes