partner

partner

Masyarakat Minahasa Adukan Pengrusakan Hutan Lindung Lembean ke KLH dan Bareskrim Mabes Polri


Merasa penyelesaian kasus pengrusakan kawasan hutan lindung Lembean, Minahasa, Sulawesi Utara, yang dilakukan oleh Pemda setempat tidak berkembang, puluhan masyarakat Minahasa dan LSM Suara Indonesia mendatangi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, dan Bareskrim Mabes Polri untuk melakukan aksi damai "Save Hutan Lindung Lembean", Jumat (24/11).

Dalam aksi damai tersebut meteka mengadukan terjadinya pengrusakan kawasan hutan lindung Lembean, serta lambatnya penanganan kasus oleh Polda Sulawesi Utara (Sulut).

"Pemerintah kabupaten Minahasa telah melakukan pengrusakan hutan lindung Lembean dalam proyek jalan penghubung Tondano-Papakelan-Perer. Pemkab telah melanggar UU Kehutanan sebab menggunakan hutan lindung tanpa izin menteri dan UU Nomor 32 tentang perlindungan dan pengelolaan hutan lindung", kata Eny Umbas, koordinator LSM Suara Indonesia dalam orasinya di depan kantor KLH dan Kehutanan RI.


Eny menuturkan, dalam proyek jalan yang tidak mengantongi ijin Lingkungan Hidup dan Amdal tersebut, ada 7 titik koordinat yang masuk dalam kawasan hutan lindung Lembean.

"BPKH Wilayah VI KLH dan Kehutanan menyatakan bahwa benar ada 7 titik koordinat dalam proyek jalan tersebut yang diambil dari hutan lindung. Sekian kilometer. Itukan nggak bisa seperti itu. Bahkan kalau ada alih fungsi hutan, itukan harus melalui pembahasan di DPR RI. Jadi tidak segampang atau sesuka hati. Dan itu mereka buat itu semau gue, hanya berdasar SK, Surat Bupati", paparnya.

Ironisnya, lanjut Eny, proyek jalan yang tidak terlalu urgent tersebut juga tak kunjung selesai dalam pengerjaannya.


"Dari tahun 2016 itu dianggarkan Rp 12 miliar lebih. Tahun ini dianggarkan Rp 8 miliar lebih. Sudah jadi kasus tetap jalan proyeknya, tapi tidak selesai. Jadi ada kerugian negara disitu. Itu sudah kami laporkan ke KPK. Kami berharap ada koordinasi, minimal alat-alat bukti yang kami kumpulkan mereka bisa pake", ungkapnya.

Eny membenarkan, masyarakat Minahasa dan LSM Suara Indonesia juga melaporkan kasus ini ke Bareskrim Mabes Polri karena penanganan oleh Polda Sulut selama ini dinilai tidak ada perkembangan sama sekali.

"Dari Polres dilimpahkan ke Polda karena mungkin ada kepentingan atau tekanan sehingga Polda harus ambil alih. Nah kami sangat bersyukur dan berharap karena Polda Sulut ambil alih untuk dilanjutkan. Namun kenyataannya harapan itu tidak terjadi. Bukannya maju malah ada pembiaran. Mungkin karena (diduga) nuansa politiknya terlalu kental. Makanya kami datang kesini", jelasnya.

"Kami berharap Bareskrim Mabes Polri dapat memerintahkan penyidik Polda Sulut untuk menindakanjuti dan melanjutkan ke penyidikan", lanjut Eny.


Eny juga berharap, dengan telah dilakukannya pengaduan ke pemerintah pusat (KLH dan Kehutanan, Bareskrim Mabes Polri, dan KPK), maka supremasi hukum dapat ditegakkan di bumi Minahasa.

"Supaya multi kasus yang dibuat dari proyek jalan ini bisa selesai. Kalo tidak ada penindakan, tidak akan ada efek jera, sehingga mungkin hal serupa bisa terjadi di kawasan hutan lindung lain di bumi pertiwi ini. Kita juga minta agar Kementerian Kehutanan melakukan pemulihan kawasan hutan lindung tersebut. Jangan sampai terjadi kayak pulau Bangka", pungkas Eny. (Bud.Pur)

2 komentar:

zalina dianto mengatakan...

Kota saat ini: Balikpapan
WhatsApp: +6281617538564
Pesan teks: +6281617538564
baris: +6281617538564
E- info: zalinadiato@gmail.com

Assalamualaikum,nama saya Zalina Dianto, saya telah mengirim pesan di blog ini 3 tahun yang lalu. Saya ingin memberi tahu semua orang bahwa semua kesaksian pinjaman dan saran pinjaman semuanya palsu dan semua pembohong. Saya ditipu oleh banyak orang di blog ini, Sebelumnya , saya diperkenalkan ke perusahaan pinjaman terkemuka yang terdaftar dan memiliki situs web. Perusahaan pinjaman ibu muslim terkemuka memberi saya pinjaman sebesar RP 3,5 Triliun dengan tingkat bunga sangat rendah 1%. AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM PERUSAHAAN NYATA DAN 100% TERJAMIN. tolong, saya punya banyak expirience dengan pemberi pinjaman pinjaman palsu saya telah menunjukkan bagaimana mengetahui pemberi pinjaman palsu, harap baca ini akan membantu dan menyatukan Anda .insya allah
BAGAIMANA CARA MENGETAHUI KREDIT PINJAMAN YANG PALSU
Peminjam palsu tidak perlu meminta jaminan dan tidak ada situs web,Peminjam palsu tidak memiliki sertifikat bisnis,Peminjam palsu tidak peduli dengan gaji bulanan Anda yang membuat Anda memenuhi syarat untuk pinjaman, Peminjam palsu tidak menggunakan gmail, tidak ada domine, Peminjam palsu tidak memiliki alamat kantor fisik, Pemberi pinjaman palsu meminta biaya pendaftaran
ajukan sekarang dan dapatkan pinjaman Anda
Daftar Sekarang : (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)

PT. TWIN Logistics mengatakan...

Dear : Custumer Import & Domestik
Kami dari Pt Tunggal Wahana Indah Nusantara mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

Services Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

Berikut Attecment terlampir.

Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
Jika ada yang ingin dipertanyakan, silahkan hubungi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm@twin.co.id

Best Regards,

Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id, www.twin.co.id

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes