partner

partner

Gelar Rakornas, Pemuda Tani HKTI Berharap Kesejahteraan Pemuda Pedesaan Bisa Meningkat


Pemuda Tani yang tergabung dalam Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) menyebut, kalau para petani di negeri ini masih didominasi oleh para petani usia lanjut. Oleh karena Pemuda HKTI berencana akan mendorong agar pemuda di pedesaan bisa ikut andil dalam memajukan pertanian didaerahnya masing-masing.


Ketua Pemuda Tani HKTI Rina Sa'adah mengatakan, sejak Pemuda Tani HKTI dibentuk 25-08-2017 lalu,  pemuda tani HKTI punya komitmen dan tujuan  bisa meningkatkan kapasitas, harkat dan martabat, serta kesejahteraan pemuda, penduduk pedesaan serta pelaku agribisnis di republik ini.


"Untuk bisa merealisasikan dan mencapai tujuan itu, kami pun nantinya melakukan pendampingan program pertanian. Mempercepat pembangunan pertanian dan menjadikan sektor pertanian sebagai basis pembangunan nasional.  Membantu HKTI dalam mensukseskan pertanian Indonesia,"ujar Rina,


Rina menyebut, data BPS tahun 2015 mencatat, sektor pertanian lebih didominasi petani dengan usia lanjut. Kelompok petani usia di bawah 34 tahun hanya berjumlah 3,36 juta atau hanya 12,85%, dari total 26,14 juta rumah tangga petani.


Selebihnya merupakan petani dengan usia 34 tahun ke atas atau 87,14%. Sementara data lain menyebutkan, usia petani Indonesia pada 2013 terdiri 61,8 persen berusia lebih 45 tahun, 26 persen berusia 35-44 tahun dan 12 persen berusia kurang dari 35 tahun.


"Melihat data tersebut, kami menggelar acara Rapat Koordinasi Nasional Pemuda Tani HKTI mengambil tema besar  “Dari Pemuda Untuk Pertanian Indonesia" yang akan digelar, Rabu (28/3)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes