partner

partner

Bakamla RI Turut Cermati Kerangka Pesawat Perang Dunia II



Makassar, 27 April 2018, radarindonesia.com
Bakamla RI dalam melaksanakan salah satu fungsinya yaitu pelestarian ekosistem laut, turut memberikan perhatian dalam Konservasi Situs Bawah Air. Hal ini dibahas dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pengkajian dan Konservasi Situs Bawah Air, Kerangka Pesawat Tempur Amerika Serikat P-38 Lighting di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (27/4/2018).

Kasubdit Kerja Sama Dalam Negeri Bakamla RI  Eli Susiyanti, S.H., M.H., M.M. selaku perwakilan dari Bakamla RI, turut hadir guna menyoroti pentingnya edukasi masyarakat pesisir akan hal ini. Masyarakat diharapkan dapat lebih peduli terhadap benda-benda cagar budaya. Kepedulian itu perlu kita tumbuhkan secara bersama-sama, dengan keterlibatan seluruh stakeholder terkait. Selain itu, Bakamla RI turut mengusulkan agar dibentuknya Peraturan Daerah Pemprov Sulsel tentang Konservasi Situs Bawah Air. Tidak kalah penting, Tim Ahli Cagar Budaya dirasa perlu untuk dibentuk.

Rakor yang diinisiasi oleh Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa, Kemenko Bidang Maritim ini menjawab permohonan Balai Cagar Budaya Pemprov Sulsel atas  kerangka pesawat tersebut.

Kegiatan Rakor diawali dengan peninjauan langsung ke lokasi kerangka pesawat tempur P-38 Lighting di perairan Lae-lae, Kota Makassar. Selanjutnya, pembahasan intensif langsung dilakukan guna mencari jalan keluar akan tindakan yang harus segera dilakukan untuk menyelamatkan dan memanfaatkan situs tersebut.

Situs bawah air ini perlu mendapat perhatian khusus, selain memiliki nilai historis yang tinggi, kerangka pesawat peninggalan Perang Dunia II ini terletak di posisi alur lalu lintas kapal dan berdekatan dengan lokasi wisata Pulau Samalona. Opsi yang menjadikan lokasi ini sebagai kawasan konservasi maritim juga dipertimbangkan. Lebih lanjut, rencana lokasi untuk dijadikan sebagai kawasan wisata bahari juga turut diajukan oleh peserta Rakor.

Turut hadir dalam kegiatan ini perwakilan stakeholder terkait baik dari pusat maupun daerah, seperti TNI AL, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Balai Pengelolaan Sumber Daya Pemprov Sulsel, Dinas Pariwisata, Balai Cagar Budaya, dan sejumlah undangan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes