partner

partner

Upaya Hasilkan ABK Handal, Bakamla RI Godok Personel


Bakamla RI melalui Direktorat Latihan terus berupaya meningkatkan kemampuan personel saat bertugas di laut agar semakin terlatih dan handal. Untuk itu dilaksanakan kegiatan Latihan Peran dan Tugas ABK KN Bakamla RI, dengan melibatkan personel KN Kuda Laut-4803 dan KN Ular Laut-4805, serta personel Pangkalan, Kantor Kamla Zona Maritim Timur dan SPKKL Ambon, di Ambon, sejak kemarin hingga hari ini, Rabu (11/04/2018).

Kegiatan dipimpin Deputi Operasi dan Latihan Bakamla RI Laksda TNI Semi Joni Putra, yang diwakili Direktur Latihan Laksma TNI Eko Jokowiyono, SE, M.Si.

 Dalam kesempatan itu turut hadir mendampingi Laksma Eko, yaitu Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur Vetty V. Salakay, S.H., M. Si. 

Laksma Eko menjelaskan dihadapan seluruh peserta kegiatan, dalam mengoptimalkan operasi di laut harus diawaki oleh ABK yang memiliki keterampilan terlatih dan handal, sehingga perlu dilaksanakan program pelatihan ABK Kapal Negara Bakamla RI. 

Lebih lanjut dikatakannya pula, kegiatan ini merupakan program rutin bagi pengawak Kapal Patroli Bakamla RI yang diselenggarakan tiap tahun di wilayah Kantor Kamla Zona Maritim, salah satunya yaitu Zona Maritim Timur Ambon. 

Selama pelatihan para peserta mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman tugas penjagaan dan peran-peran dalam kapal patroli, sehingga diharapkan pelatihan ini dapat menghasilkan satu kesatuan yang terpadu di kapal, memiliki kesamaan pemahaman dalam pola sikap dan pola tindak untuk mampu bekerja sama, bersinergi dan mengintegrasikan setiap bagian dalam suatu sistem operasional kapal agar siap menghadapi tantangan tugas, katanya.

Dalam mekanismenya, latihan peran tugas ABK dilaksanakan secara klasikal di kelas serta praktek langsung di Kapal patroli KN Kuda Laut dan KN Ular Laut serta pangkalan kapal patroli di Ambon. Selama pelatihan di kelas yang berlangsung kemarin, Selasa (10/4) menghadirkan nara sumber dari Kolat Armabar yaitu Komandan Glagaspur Mayor Laut (P) Nugroho Putro dan Pjs. Kadiv Uji KRI Puslat Glagaspur Lettu Laut (P) Alant Ginanda.

Turut hadir pada kegiatan ini antara lain Kasubdit Renlat S. Joewono, S.E., M.M, Kasubdit Garlat Kombes Pol Benny Iskandar, S.IK, M.Si., Kasubdit Duklat Kolonel Laut (T) Robby Darwin S, S.E., M.M.,  Kepala Pangkalan Ambon Kolonel Laut (P) Edi Eka, Kabagum Zona Maritim Timur Letkol Laut (KH) Drs. Paseh Mawardi, Kabid Ops Zona Maritim Timur Letkol Laut (P) Siswo Widodo, S.T.,  Kabid Inhuker Zona Maritim Timur Bakamla RI AKBP Julius Marlatu Aponno, S.H., Kasi Latihan Operasi Udara MAritim Sahlani, S.T., M.Si(Han), dan Kasi Logistik Latihan Fatkhurrohman, S.Kom.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes