Sabtu, 12 Mei 2018, radarindonesia.com

Dalam upaya pimpinan untuk mengasah dan meningkatkan keterampilan, kemahiran serta kemampuan tempur prajuritnya, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V menggelar Latihan Menembak Senjata Ringan Laras Panjang periodik Tri Wulan (TW) II Tahun 2018, Jumat (11/5).

Latihan yang sudah terprogram dan terencana ini, diikuti seluruh Perwira Staf, Bintara dan Tamtama Lanal Yogyakarta yang digelar di lapangan Asta Krida Akademi TNI Angkatan Laut (AAU) Sendangtirto, Berbah Sleman Yogyakarta.

Dalam latihan kali ini dipimpin Kapten Laut (E) Agus Murdianto, selaku Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) yang juga sebagai Pejabat Sementara Perwira Staf Operasi (Pjs. Pasops) Lanal Yogyakarta.

Sebelum pelaksanaan menembak, Lettu Mar Susanto selaku Instruktur Latihan menjelaskan pembagian regu tembak dan teknis terkait prosedur tetap (Protap) pelaksanaan latihan menembak.

Komandan Lanal Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E., M. Pd., dalam arahannya melalui Palaklat menyampaikan agar dalam melaksanakan latihan ini dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, serius dan sesuai prosedur. Seluruh prajurit supaya menjaga dan mengutamakan faktor keamanan (zero accident) dan melaksanakan setiap perintah pelatih.

Komandan Lanal Yogyakarta juga menekankan agar seluruh prajurit memanfaatkan waktu latihan ini untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan, ketrampilan serta kemahiran masing-masing dalam hal menembak.

Latihan menembak menggunakan senjata ringan laras panjang SS.2-V1 Pindad jarak 100 m dengan urutan kegiatan tembakan penilikan 2 kali posisi tiarap masing masing 3 butir peluru, dilanjutkan tembakan penilaian posisi tiarap, posisi duduk dan posisi berdiri masing masing 10 butir peluru.