Menjelang H-3 peresmian Divif-3/Kostrad, Koarmada III, Pasmar-3, dan Koopsau III, serta perubahan Koarmabar dan Koarmatim, Pasukan upacara yang terdiri dari TNI AD, TNI AL, TNI AU dan POLRI melaksanakan geladi kotor kedua, bertempat di lapangan Mako Lantamal XIV, Sorong. Papua Barat, Selasa (08/05).

Laksda TNI I N.G. Ariawan selaku Dansatgas Peresmian Koarmada III dan Pasmar-3 disela-sela gladi menyampaikan perhatian diantaranya, sambil menunggu urutan acara berikutnya, saya tekankan para pasukan upacara tidak ada gerakan lain saat Panglima TNI menyampaikan sambutannya, semua melihat kearah Irup. Selain itu, saya mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta upacara yang berasal dari berbagai satuan TNI-POLRI seperti, Koarmatim, Lantamal V Surabaya, Kostrad, Korps Marinir, Korpsp daskhas, dan Brimob Polda Papua Barat.

“Kita mengetahui bahwa, Indonesia dikelilingi oleh lautan, itu bukan pemisah tapi pemersatu, Indonesia memiliki keanekaragaman tapi itu bukan masalah, namun sebuah anugerah untuk Republik Indonesia, justru dengan keberagaman dan perbedaan tersebut, Indonesia ada seperti sekarang ini untuk selalu dijaga keamananannya. Oleh karena itu soliditas yang kita butuhkan, kita semua harus melaksanakan itu, karena dengan soliditas kita menjaga keutuhan NKRI”, tegasnya.

Peresmian Satuan Baru yang ada disini, melalui proses panjang dan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., merencanakan sebagai program 100 hari kerja sebagai Panglima TNI. “Ini sebuah sejarah buat kita sebagai pelaku yang ada disini dan para wartawan, mari bersama-sama mensukseskan acara peresmian dengan segala kemampuan kita, dedikasi, loyalitas, memberikan yang terbaik kepada negara Indonesia”, ungkapnya.

Datang dari berbagai daerah memang sedikit banyak terdapat perubahan cuaca, tapi bagi prajurit yang tangguh itu adalah tantangan bukan untuk dilewati atau diacuhkan, tapi dihadapi dengan yang kalian bisa, seraya memohon kepada Tuhan YME agar tugas ini dapat berjalan aman, lancar dan selamat. Setelah itu taklukan tantangan itu, saya melihat gladi kotor pertama kemarin sudah bagus, sekarang menurut saya sudah meningkat lagi, besok kita laksanakan gladi bersih harus yang terbaik, seperti yang akan dilaksanakan pada saat upacara peresmian tanggal 11 Mei 2018 nanti.

Banyaknya pejabat pemerintah dan militer yang hadir, artinya akan menyaksikan kalian yang ada disini, saya mengingatkan mulai kalian masuk dari Daerah Persiapan (DP) itu tandanya kalian sudah siap mental untuk tampil, mulai dari Satsik gerakannya sudah yang terbaik, semua sudah menjadi perhatian, dan untuk pemeriksaan pasukan agar kendaraan Irup mengatur jarak dengan posisi pasukan, jangan lupa dada dibusungkan dan pandangan kedepan. Dan setelah upacara, kegiatan lainnya adalah penampilan tarian tradisional serta demonstrasi, setelah itu, Panglima TNI melaksanakan penandatanganan prasasti, press conference dan dilanjutkan acara ramah tamah di Gedung Serba Guna. “Dengan segenap kebanggaan saya, dan semangat saya mudah-mudahan dapat memotivasi kalian menyajikan yang terbaik yang kalian bisa”, harapnya.

Turut menyaksikan gladi upacara yaitu, Wadansatgas Laksma TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., Komandan Lantamal XIV Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, Waaspers Kasal Laksma TNI B. Ken Tri Basuki, M.Si (Han)., Kadisopslatal Laksma TNI Abdul Rasyid Kacong, S.E., M.M., Danrem 171 PVT/ Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A., Danlanud Biak Kolonel Pnb Fajar Adriyanto, M.Si. (Han)., dan para panitia dari Mabes TNI, Koarmatim dan Lantamal XIV.