partner

partner

INDONESIA SPORT EXPO & FORUM (ISEF) 2018 DORONG PERTUMBUHAN BISNIS DAN PRESTASI OLAHRAGA



Jakarta, 2 Mei 2018, radarindonesia.com 
Tahun 2018 ini Indonesia mendapatkan kehormatan dari badan olahraga dunia untuk menjadi tuan rumah dua event internasional sekaligus, yaitu dari Olympic Council of Asia untuk penyelenggaraan pesta olahraga Asian Games 2018, dan dari Asian Paralympic Committee untuk menggelar Asian Para Games 2018 dengan jadwal penyelenggaraan yang berurutan. Semua persiapan kelengkapan dan kelayakan teknis serta operasional yang diminta oleh kedua badan olahraga internasional tersebut telah terpenuhi, termasuk pemugaran stadion dan infrastruktur pendukungnya, serta penyiapan para atlet dari semua cabang olahraga.

Peningkatan kapasitas dan kualitas infrastruktur stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta dan Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, serta penyiapan para atlet tentu saja berdampak sangat positif terhadap perkembangan jangka panjang bisnis dan prestasi olahraga. Peran aktif para pelaku bisnis peralatan dan perlengkapan kegiatan olahraga hingga produk fashion olahraga berkontribusi besar dalam mendorong prestasi olahraga Indonesia di semua tingkatan, dari lokal, nasional hingga internasional. Selain itu, agenda nasional olahraga multi-event pun telah menjadi agenda bergengsi, seperti halnya Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang akan digelar di Provinsi Papua yang melibatkan peran semua kalangan pemangku kepentingan (stakeholders) termasuk industri peralatan olahraga, pendidikan dan pelatihan, serta penyedia jasa konstruksi infrastruktur olahraga.

Guna mendukung suksesnya program pembangunan olahraga sejalan dengan pembangunan infrastruktur olahraga yang telah direncanakan oleh pemerintah Indonesia, PT. Expotama Sinergi kembali menyelenggarakan pameran "Indonesia Sport Expo and Forum (ISEF) 2018" yang berlangsung pada tanggal 2-6 Mei 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang. Pameran dan Forum yang bersifat Business To Business ini mengangkat tema “Be the Future of Sport Business” yang sejalan dan selaras dengan arah kebijakan pembangunan keolahragaan dan kepemudaan Indonesia. Oleh karenanya ISEF dirancang khusus untuk menjadi salah satu platform pertemuan para pemangku



kepentingan untuk industri olahraga langsung bagi sektor swasta dan pemerintah untuk mengembangkan jaringan bisnis tidak hanya untuk pengembangan prestasi, tapi juga industri pendukungnya, termasuk pembangunan infrastruktur serta pengembangan pengelolaan potensi wisata olahraga (sport tourism). ISEF 2018 menampilkan produk perlengkapan dan pendukung kegiatan olahraga dengan lima kategori, yang terdiri dari: stadium venue & facilities, sport textiles & material, sport tourism, fitness & health, outdoor & sport equipment.
 
Raditia Zafir Ahmad, Direktur PT Expotama Sinergi mengatakan, “Tujuan kami menyelenggarakan pameran ISEF adalah untuk mewujudkan pengembangan prestasi olahraga di tanah air melalui peningkatan industri olahraga dengan menampilkan produk-produk unggulan infrastruktur dan fasilitas olahraga yang nantinya diharapkan dapat memajukan industri olahraga yang lebih baik”

“Pameran dan forum mendapatkan dukungan dari berbagai pihak pemangku kepentingan, baik dari Kementerian Pemuda & Olahraga (Kemenpora), Kementerian Pariwisata, Forum Gelanggang Olahraga Seluruh Indonesia (FORGI), Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPK GBK), Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC), pemerintah provinsi dan kabupaten, atlet, asosiasi dan kampus olahraga, serta pabrikan, prinsipal produk peralatan, perlengkapan hingga infrastruktur olahraga”, Raditia menambahkan.

Forum-forum ISEF 2018 akan membahas tentang infrastruktur olahraga, pengembangan wisata olahraga. Forum Infrastruktur Olahraga diselenggarakan selama tiga hari, forum di hari pertama mengangkat tema: “Standar Perencanaan Bangunan Gedung Olahraga, Stadion dan Kolam Renang”,  menghadirkan pembicara dari Arsitek Senior Timmy Setiawan, Direktur Bidang Infrastruktur dan Pengamanan Pertandingan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Nugroho Setiawan, dan Tigor Shalomboboy, Direktur Operasional PT. Liga  Indonesia Baru serta prinsipal teknologi konstruksi kolam renang Fluidra dan kontraktor spesialis olahraga Datra Internusa. 

Forum hari kedua, mengangkat tema “Optimalisasi Venue Olahraga sebagai Sarana Multifungsi” dengan pembicara Winarto, Ketua Umum Forum Gelanggang Olahraga seluruh Indonesia (FORGI) yang merupakan Direktur Utama Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno (PPK GBK), Building Owner & Manager Association (BOMA) Indonesia, dan Entertainment Sport Group Asia. Forum ini akan membahas bagaimana perencanaan dan pengelolaan bangunan olahraga agar menjadi multi-fungsi paska pelaksanaan multi-event.




Pada penyelenggaraan tahun ke-3 kali ini ISEF 2018 berkolaborasi dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sebagai Co-Host. ISEF dan PSSI memiliki visi yang sama dalam pengembangan industri olahraga dan peningkatan prestasi olahraga di level internasional. Dalam perhelatan ISEF 2018, PSSI mengadakan berbagai macam kegiatan. Di antaranya menggelar seminar, talkshow, coaching clinic, dan pertemuan dengan seluruh pelatih di Indonesia.  "PSSI bangga dapat ikut serta dalam kegiatan ini untuk kali pertama bekerja sama dengan PT. Expotama Sinergi. Lewat momentum ini kami ingin perkembangan industri sepak bola makin baik dan maju. Pada acara ini PSSI melalui forum-forum yang telah tersusun memberikan wawasan sepakbola baik dari segi kepelatihan (Filanesia & National Coaching Conference), Perwasitan, Medis hingga sesi Football Parenting. Semua hal ini merupakan salah satu bentuk komitmen PSSI dalam meningkatkan jumlah masyarakat melek sepakbola di Indonesia sehingga diharapkan nantinya akan tercipta sebuah industri sepakbola yang lebih baik di Indonesia. Apalagi di tahun 2018, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games, Piala AFF Senior, U-19, U-16, Wanita, Futsal dan sepak bola pantai  yang harus kita persiapkan dengan baik," kata Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono. 

Untuk memudahkan kelancaran berkunjung selama pameran ISEF 2018 pengunjung dapat melakukan pendaftaran online secara gratis melalui website www.isef-indonesia.com dan memanfaatkan fasilitas parkir serta layanan shuttle bus gratis di beberapa titik pusat perbelanjaan serta kawasan bisnis Jakarta dan sekitarnya.


Tentang Expotama Sinergi
Expotama Sinergi telah terlibat dalam menciptakan dan mengorganisir acara sejak tahun 2003. Dimulai sebagai Divisi Penyelenggara Konvensi di DEBINDO, Expotama Sinergi kini telah hadir menjadi perusahaan pengelola MICE full service. Expotama Sinergi merupakan anggota DEBINDO GROUP organizer MICE profesional sejak tahun 1987 dan telah berpengalaman mengorganisir lebih dari 400 acara berskala nasional dan internasional.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes