partner

partner

Mitra UMKM GO-FOOD Festival GBK Dipilih dari Analisa Big Data GO-FOOD




Jakarta, 9 Mei 2018, radarindonesia.com
Tercatat sejak diluncurkan pada April 2015, kini GO-FOOD sebagai lini bisnis GO-JEK telah menjadi layanan pesan antar terbesar di luar China. Untuk semakin menguatkan komitmen GO-JEK dalam mengembangkan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian di Indonesia, GO-FOOD telah meresmikan GBK GO-FOOD Festival (Gelora Bung Kamo) pada 5 Mei 2018 lalu. GBK GO-FOOD Festival merupakan pesta perayaan UMKM kuliner secara offline dari kemitraan yang telah terjalin secara online. Data yang dihimpun GO-FOOD pada Maret 2018, Iebih dari 4,000,000 makanan khas Indonesia yang tersaji dalam platform aplikasi GO-JEK.

Melalui GBK GO-FOOD Festival, GO-FOOD ingin membantu mitra UMKM untuk semakin mempersiapkan dan memperkuat pondasi mereka sebagai merchant kuliner dengan menyediakan ekosistem merchant kuliner offline mulai dari store hingga sistem pembayaran selama 1 tahun di GBK. Tercatat puluhan merchant kuliner terbaik Jabodetabek hingga luar Pulau Jawa telah terpilih untuk bergabung dalam GBK GO-FOOD Festival. Pemilihan merchant yang dapat bergabung ini dilakukan berdasarkan analisa big data yang telah dilakukan oleh tim GO-FOOD.

Dalam media experience hari ini, Michael Say selaku VP Corporate Communications GO-JEK Indonesia mengatakan, “Selain infrastruktur penjualan makanan minuman kuliner pada GBK GOFOOD Festival, hal terpenting adalah bagaimana mempertahankan tingkat penjualan mereka dari transaksi online ke offline. 

Oleh karena itu, kami memilih 100 merchant ini sesuai dengan analisa big data kami. Sehingga, mereka tetap meraih penjualan yang tinggi di GBK GO-FOOD Festival,” ujar Michael.
Michael menambahkan, pemilihan merchant yang ada di lokasi GBK GO-FOOD Festival sendiri tentunya GO-FOOD menggunakan matrix atau variabel-variabel tertentu untuk memastikan bahwa merchant yang dihadirkan merupakan merchant-merchant terbaik dari GO-FOOD.

“Langkah pertama yaitu memilah pelaku usaha yang aktif, yang masih bertransaksi di platform GOFOOD. Kedua, kami mengutamakan pelaku-pelaku usaha UMKM yang sudah terdaftar menjadi mitra GO-FOOD. Kemudian, kami menganalisis order-order yang sudah berhasil dilakukan dan juga nilai penjualan dari masing-masing merchant,” ujar Micheal. 

Rata-rata merchant yang terpilih merupakan UMKM terbaik di masing-masing kota merchant tersebut berasal.
“Kami sangat menghargai ketekunan UMKM dalam membangun bisnis kuliner mereka, oleh karena itu keaktifan mereka secara online sangat kami perhatikan. 

Oleh karena itu, GBK GO-FOOD Festival adalah bentuk apresiasi kami kepada mereka yang telah secara giat menjajakan produk mereka melalui aplikasi GO-JEK," tutup Michael.
Tontan GO-JEK

GOJEK adalah on-demand mobile platform dan aplikasi terdepan yang menyediakan berbagai layanan lengkap mulai dari transportasi, logistik, pembayaran, layan-antar makanan, dan berbagai layanan on-demand lainnnya. GO-JEK menghubungkan pengguna dengan Iebih dari satu juta mitra driver yang terdaftar, lebih dari 150.000 penjual makanan, serta Iebih dari 30.000 penyedia layanan lainnya.

Fokus utama GO-JEK adalah memberdayakan para pekerja sektor informal di Indonesia. Dengan bergabung bersama GOJEK, mitra dapat memiliki akses kepada layanan jasa keuangan seperti tabungan, asuransi, KPR dan cicilan terjangkau. Hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas lndonesia (LD FEB Ul) tahun 2017 mengungkapkan GOJEK telah berkontribusi Rp 9,9 triliun per tahun untuk ekonomi nasional dari penghasilan mitra pengemudi dan mitra UMKM. Sumbangan ini dihitung berdasarkan selisih penghasilan mitra setelah dan sebelum bergabung dengan ekosistem GO-JEK.

Operasional GO~JEK berdasarkan pada tiga nilai utama: speed (kecepatan), innovation (inovasi), dan social impact (dampak sosial). Hingga Desember 2017, aplikasi GO-JEK telah didownload lebih dari 70 juta kali. Perusahaan kini telah beroperasi di 50 kota, termasuk Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, Yogyakarta, Balikpapan, Malang, Solo, Manado, Samarinda, Batam,Sidoarjo, Gresik, Pekanbaru, Jambi, Sukabumi, Bandar Lampung, Padang, Pontianak, Banjarmasin, Mataram, Kediri, Probolinggo, Pekalongan,Karawang, Madiun, Purwokerto, Cirebon, Serang, Jember, Magelang, Tasikmalaya, Belitung, Banyuwangi, Salatiga, Garut, Bukittinggi, Pasuruan, Tegal, Sumedang, Banda Aceh, Mojokerto, Cilacap, Purwakarta, Pematang Siantar dan Madura.

Aplikasi Gojek ini tersedia untuk iOS dan Android dan dapat diunduh melalui www.GO-JEK.com/app

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes