Jakarta, 10 May 2018, radarjndonesia.com 
Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) tiga jabatan strategis di jajaran Koarmabar, bertempat di Gedung Yos Sudarso Markas Komando Koarmabar, Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Rabu (9/5).

Adapun jabatan yang diserahterimakan yaitu Asrena Pangarmabar dari Kolonel Laut (P) Retiono Kunto H, S.E., kepada Kolonel Laut (P) Achmad Wibisono, S.E., Kadiskesarmabar dari Kolonel Laut (K) Dr. Dwi Adang Iskandar Sp.B. kepada Kolonel Laut (K) Dr. Gigih Imanta Jayantri, Sp.Pd dan Kadiskuarmabar dari Kolonel Laut (S) Ida Bagus Rahyudodiputra, S.E., kepada Kolonel Laut (S) Anas Yusuf Panjaitan, S.E.

Pangarmabar dalam amanatnya mengatakan bahwa serah terima jabatan dalam organisasi TNI Angkatan Laut pada hakekatnya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam upaya pengembangan dan pembinaan organisasi, serta pemberian kesempatan bagi personel untuk mengembangkan diri dan karier. Hal tersebut merupakan upaya untuk lebih mendinamisasikan kinerja dan gerak organisasi agar senantiasa memiliki kualitas penampilan yang semakin baik dari waktu ke waktu dan merupakan wujud kepercayaan serta kehormatan dari pemimpin dalam rangka pengembangan jiwa kepemimpinan, kreativitas dan kemampuan konsepsional sebagai bagian dari upaya pembinaan personel secara menyeluruh.

Lebih lanjut Pangarmabar mengatakan, jabatan yang baru saja diserahterimakan merupakan jabatan unsur pembantu pimpinan dan pelaksana pusat yang memegang peranan penting dalam kelangsungan organisasi TNI Angkatan Laut khususnya di Koarmabar. Srena Koarmabar yang bertugas melaksanakan pengkajian, evaluasi dan perencanaan strategis yang matang sekaligus menyusun sistem akuntabilitas kinerja Koarmabar dan menyalurkan serta mengendalikan anggaran yang telah dialokasikan oleh komando atas, melalui RKAKL yang diajukan sebelumnya serta tugas-tugas tambahan lainnya dalam mendukung tercapainya tugas Koarmabar. Selanjutnya Diskes Koarmabar yang mempunyai tugas sebagai unsur pelaksana pusat tingkat Koarmabar dalam menyelenggarakan, menyusun, merumuskan kegiatan dan pelayanan di bidang kesehatan. Sampai saat ini Diskes Koarmabar mampu melayani dukungan kesehatan dengan baik sesuai dengan program telah direncanakan dan menjadi satu-satunya satuan kesehatan di jajaran TNI Angkatan Laut yang mampu memberikan rujukan pelayanan digital subtraction angiography (DSA) di RSPAD Gatot Subroto bagi Perwira.

Sedangkan Disku Koarmabar yang mempunyai tugas melaksanakan administrasi keuangan kepada Organisasi Pengguna Anggaran (OPA) yang berada di lingkungan Koarmabar dan mengawasi, mengendalikan serta mengevaluasi pelaksanaan program yang telah direncanakan oleh organisasi di lingkungan Koarmabar dan sampai saat ini pelaksanaan distribusi dan rekapitulasi daya serap anggaran satker-satker jajaran Koarmabar berjalan tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Disampaikan Pangarmabar bahwa keberhasilan yang telah diraih oleh Koarmabar saat ini karena adanya integrasi usaha dan sinergi pemikiran antar satker yang bersifat lintas fungsi dengan tingkat akurasi yang tinggi dalam nuansa kekompakan, kebersamaan dan kekeluargaan tanpa mengabaikan keberadaan fungsi dan peran masing-masing satker walaupun dengan segala keterbatasan yang ada, satuan kerja tersebut telah dapat melaksanakan fungsinya dengan baik. 

Mengakhiri amanatnya Pangarmabar memberikan beberapa penekanan untuk dipedomani diantaranya bina serta pimpinlah satker dengan baik berlandaskan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI Angkatan Laut, laksanakan tugas secara profesional dan proporsional sesuai orgaspros yang telah ditetapkan dengan diawali oleh jiwa yang tulus dan ikhlas serta berikan yang terbaik untuk Koarmabar, adakan jam komandan untuk pembinaan moral anggota agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang merugikan nama baik pribadi maupun satuan dan laksanakan check and recheck terhadap pelaksanaan kegiatan maupun tugas yang direncanakan sebelumnya demi tercapainya tugas organisasi yang lebih baik. Kepada seluruh Perwira Staf Srena, Diskes dan Disku, saya instruksikan untuk mendukung sepenuhnya terhadap pelaksanaan tugas pejabat yang baru.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Komandan Guspurlabar Laksamana Pertama TNI Irvansyah, Komandan Lantamal III Jakarta Laksamana Pertama TNI Denih Hendrata, S.E., M.M., serta para Pejabat Utama Koarmabar.