partner

partner

Indonesia Tuan Rumah Asian Sailing Championship 2018


Olahraga Iayar di Indonesia sudah ada sebelum Perang Dunia ll, namun pada saat itu masih didominasi oleh orang-orang Belanda dan sudah ada club-club layar yang berdiri di beberapa kota besar di Indonesia. Berdirinya Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (PORLASI) pada tahun 1977 membawa angin segar bagi seluruh atlet Iayar Indonesia untuk dapat mengembangkan diri dalam kancah pertandingan internasional. Seiring berjalannya waktu, Pengurus Besar (PB) PORLASI telah berafiliasi dengan organisasi internasional diantaranya, World Sailing, Asian Sailing Federation (ASF) dan Class Association. 

Suatu kebanggan bagi Indonesia, pada tahun 2018 ini menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan ASIAN SAILING CHAMPIONSHIP ke17 Tahun 2018 yang diselenggarakan di Indonesia National Sailing Centre (INSC), Jl. Taman Marina, Ancol Barat, Jakarta Utara pada tanggal18 s.d. 25 Juni 2018. Ketua Umum PB PORLASI, Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P mengajak seluruh elemen masyakarat untuk mendukung kegiatan Asian Sailing Championship ke-17 Tahun 2018. 

”ASIAN SAILING CHAMPIONSHIP ke-17 Tahun 2018 bertujuan untuk memperkenalkan lndonesia sebagai salah satu destinasi di dunia yang layak dipergunakan sebagai tempat penyelenggaraan lomba Iayar internasional serta masuk dalam kalender Kejuaraan lomba Iayar Asia dan Dunia, untuk itu kami meminta dukungan seluruh elemen masyarakat demi kesuksesan kegiatan ini” tutur Laksda TNI Darwanto. 

Laksda TNI Darwanto menambahkan Asian Sailing Championship 2018 bukan hanya memperebutkan gelar juara Iayar lnternasional tingkat ASIA akan tetapi juga sebagai ajang seleksi dan uji coba sistem dan venue pertandingan ASIAN GAMES yang akan segera diselenggarakan di Jakarta dan Palembang pada bulan Agustus 2018. Venue INSC yang terletak di Ancol Barat, Jakarta Utara tersebut dibangun di atas lahan seluas 1,4 Ha dan menjadi Indonesia National Sailing Centre terbesar dan pertama di Indonesia yang dapat menampung ratusan perahu layar dari negara-negara peserta lomba serta dilengkapi berbagai fasilitas pendukung lainnya. 

”Selain perlombaan layar, kegiatan ini juga akan dikemas dan disinergikan dengan hiburan di panggung utama, hal ini adalah untuk memperkenalkan olah raga Iayar sebagai salah satu olahraga wisata Indonesia baik bagi para atlet dan official international dan kepada para pengunjung, sehingga diharapkan peminat terhadap olahraga Iayar ini dapat meningkat dan mengenal destinasi pariwisata Indonesia,” tutur Laksda TNI Darwanto. 

ASIAN SAILING CHAMPIONSHIP ke-17 Tahun 2018 diikuti oleh 16 negara Asia yang tergabung dalam Asian Sailing Federation yaitu Brunei, China, Hongkong, India, Indonesia, Iran, Jepang, Kazaktan, Korea, Malaysia, Oman, Pakistan, Singapura, Thailand, Taiwan, Uni Emirat Arab clan lebih dari 240 atlet, dengan 170 perahu, serta 12 kelas. Dalam satu hari terdapat 4 race yang akan dilakukan selama lima hari pertandingan dari tanggal 20 s/d, 25 Juni 2018. Dan untuk menunjang Asian Sailing Championship 2018 dan Asian Games 2018, PORLASI mendapat dukungan dari World Sailing dengan mengirimkan 10h" Parish dan asistennya Linda Parish dari New Zealand untuk memberikan Race Management Clinic bagi Wasit atau National Technical Officer (NTO) selama empat hari, tanggal 16 s.d. 19 Juni 2018.
"Selamat bertanding kepada seluruh peserta ASIAN SAILING CHAMPIONSIP 2018, semoga Indonesia dapat menjadi tuan rumah yang baik guna meningkatkan citra dan Prestasi olahraga kita di mata dunia” tutup Laksda TNI Darwanto. 

Sebagai informasi tambahan, Opening Ceremony Asian Sailing Championship ke-17 Tahurl 2018 dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2018 bertempat di Indonesia National Sailing Centre (INSC), Jl. Taman Marina, Ancol Barat, Jakarta Utara, dibuka oleh Wakil Gubernur Provinsi DKl Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno, dengan dlhadiri oleh Perwakilan Kementerian terkait; President Asian Sailing Federation (ASAF), Dr. Malav Shroff, Para Duta Besar Negara Asia, dll. Adapun Technical Delegate pada kegiatan ini yaitu Mr. Takao Otani. 

Tentang Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (PORLASI) atau Indonesia Sailing Federation 

Pada tahun 1977 melalui Kongres PEROPI ll dengan SKEP No. SK/OS/VlIl/1977 mensyahkan berdirinya PORLASI (Persatuan Olahraga Layar Indonesia). Kemudian pada waktu pelaksanaan sidang paripurna KONI Pusat ke 9 melalui SK No.1 tahun 1980 tanggal 29 Januari 1980 dan SK KONI Pusat No.029 tahun 1981 tanggal 15 April 1980 mengukuhkan PB PORLASI sebagai anggota KONI Pusat. 

Untuk mengembangkan kiprahnya di dunia internasional PORLASI telah berafiliasi dengan organisa: internasional yang ada diantaranya International Sailing Federation (ISAF), Asian Sailing Federation (ASI dan Class Association. Sampai saat ini PB PORLASI membawahi 20 PENGDA PORLASI yaitu : Nangroe Aceh Darussalam, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Banter DKl Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawe Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Maluku dan Papua.yang masing-masing membawahi PENGCA dan Club. Aktifitas club merupakan ujung tombak untuk menarik minat dan membina pecinta layar olah raga aktif disetiap kegiatan PORLASI dan sampai sekarang sudah terdaftar sekitar 350 pelayar yang tercatat sebagai anggota PORLASI (Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes