partner

partner

Kapushidrosal Beri Pembekalan Taruna/i AAL di Bumi Moro Surabaya

Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H., memberi pembekalan hidro-oseanografi kepada Taruna/Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat IV, bertempat di Auditorium Mandalika, AAL Bumimoro, Surabaya, Kamis (28/6).


Pada kesempatan tersebut kapushidrosal menjelaskan tentang Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi nasional yang mempunyai tugas pokok, meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut dan keselamatan navigasi pelayaran baik untuk kepentingan TNI maupun kepentingan umum serta menyiapkan dan dan informasi wilayah pertahanan di laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut.

Posisi geografi Indonesia yang strategis, terletak di antara dua benua dan dua samudera dan merupakan Sea Lane of Communication (SLOC) dan Sea Lane of Oil Trade (SLOT), membutuhkan data hidrografi dan oseanografi di seluruh perairan NKRI dengan akurat, mutakhir dan terpercaya. Data tersebut dapat dipergunakan untuk kepentingan keselamatan pelayaran, mendukung pembangunan dan pengembangan Kemaritiman Indonesia. Pushidrosal menyediakan data dan informasi hidro-oseanografi tersebut berupa Peta Laut Indonesia (PLI), baik kertas maupun elektronik maupun publikasi nautika lainnya.

Kapushidrosal juga memaparkan, seiring dengan kemajuan teknologi dalam bidang survei dan pemetaan, Pushidrosal juga telah mengaplikasikan beberapa teknologi terbaru guna meningkatkan akurasi dan ketepatan dalam menyediakan data-data hidro-oseanografi yang semakin modern, yang tidak hanya untuk keselamatan navigasi saja, tetapi juga dapat mendukung perdagangan dan aktivitas ekonomi. Menurut Indonesian Chief Hydrographer ini Hidrografi tidak hanya sekedar peta laut. Hidrografi adalah kunci gerbang perekonomian dan ujung tombak pertahanan laut suatu Negara.

Di penghujung kegiatan, orang nomor satu di jajaran Pushidrosal tersebut memberikan motivasi kepada taruna taruni AAL yang pada tanggal 19 Juli 2018 nanti akan dilantik di Istana Negara tersebut, untuk terus semangat dalam menuntut ilmu agar selalu berbuat yang terbaik dan dapat memanfaatkan ilmunya bagi kepentingan bangsa dan negara Indonesia. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes