Jumat, 01 Juni 2018, radarindonesia.comKepala Staf Koarmada (Kasarmada) II Laksamana Pertama TNI I N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M. mewakili Panglima Komando Armada (Pangarmada) II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2018 di Dermaga Madura, Mako Koarmada II, Ujung Surabaya. Jumat, (01/06/2018).

Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasarmada II menyampaikan, bahwa Pancasila sudah menjadi bintang pemandu Bangsa Indonesia. Selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Sebagai bangsa yang majemuk, yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.200 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita harus bersatu dalam upaya untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin”, kata Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden RI mengajak seluruh Komponen Bangsa melalui peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni ini, harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila serta terus mengamalkan warisan mulia para Founding Father untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indoneisa kepada masyarakat dunia.

Menutup sambutannya, Presiden Jokowi mengajak para Ulama, para Tokoh Agama, para Guru dan Ustad, para Politisi dan jajaran aparat Pemerintah, para Anggota TNI dan Polri, para Pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen Bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian. “Semangat bersatu, berbagi, dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya”, pungkas Presiden RI .

Bersama seluruh komponen bangsa, lembaga yang baru di bentuk yaitu Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yang terintegrasi dengan program-program pembangunan. Pengentasan kemiskinan, pemerataan kesejahteraan dan berbagai program lainnya, menjadi bagian integral dari pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Hadir pada acara tersebut, Koorsahli Pangarmada II Kolonel Mar Tory Subiyantoro, Irarmada II Kolonel Laut (T) Amrien, Para Asisten Pangarmada II, Para Sahli Pangarmada II, Para Kasatker Mako Koarmada II, Para Komandan Satuan, serta Para Komandan KRI yang berada di Pangkalan.