partner

partner

Danlantamal III Lepas Peserta BJRB dan SBJ TH 2018


Jakarta, 28 Agustus 2018, radarindonesia.com

Laksamana Pertama TNI Denih Hendrata, S.E., M.M., melepas Peserta Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) TNI AL dan Surya Bhaskara Jaya (SBJ) TNI AL Tahun 2018 di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) II Pelabuhan Tanjung Priok. Selasa (28/082018).

Kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) merupakan wahana yang efektif untuk mempererat tali persaudaraan diantara para remaja yang dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan jiwa dan semangat bahari generasi muda sebagai basis untuk membentuk sumber daya manusia kelautan yang berkualitas.

Sedangkan Surya Bhaskara Jaya (SBJ) bertujuan untuk meningkatkan kualitas masyarakat dan sarana prasarana, serta menumbuhkembangkan kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Kegiatan BJRB dan SBJ yang dilaksanakan secara bersamaan pada tahun ini akan melaksanakan pelayaran menuju wilayah Perairan Belitung Babel menggunakan KRI Teluk Banten-561 dan KRI Teluk Cirebon-543. Selama dalam pelayaran, peserta akan dibekali dengan berbagai macam kegiatan antara lain pengenalan kapal, latihan peran-peran di kapal dan kebaharian, latihan PBB (Peraturan Baris Berbaris), berbagai ceramah yang meliputi bidang rohani/agama, bidang Bintal Juang, Ideologi dan Bela Negara, bidang hukum, bidang kesehatan, bidang kebaharian, serta kegiatan bahari lainnya yang dapat menambah wawasan dan  pengetahuan bagi peserta. Selain itu, juga akan dilaksanakan kegiatan baksos yang meliputi pelayanan bantuan umum dan pelayanan kesehatan berupa pengobatan dan donor darah serta perbaikan sarana dan prasarana umum.


Kegiatan BJRB dan SBJ diikuti 598 orang peserta terdiri dari 80 orang panitia, 24 orang pendamping sekolah/kotama, dan 494 pelajar yang berasal dari sekolah Menengah Hang Tuah, Darul Qur’an Tangerang, Darul Hikam  Internasioanal Bandung, SMK Metland Cileungsi Bogor, Al Ishlah Cirebon serta Pramuka Saka Bahari.

Danlantamal III membacakan amanat Pangkoarmada I  Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., menyampaikan bahwa sesuai dengan tema tahun ini “Melalui Bintal Juang Remaja Bahari Membina Remaja Bahari Yang Berkarakter dan Cinta NKRI”. Melalui kegiatan BJRB TNI AL agar seluruh peserta mendapatkan pengalaman dan pengetahuan  yang berguna untuk dimasa mendatang. Memiliki makna yang strategis, karena melalui kegiatan ini para remaja yang merupakan generasi masa depan secara dini telah diberi pemahaman akan arti pentingnya laut bagi Bangsa Indonesia, sehingga dengan pemahaman ini diharapkan Bangsa Indonesia kembali menjadi bangsa yang besar.

Hadir pada upacara pembukaan BJRB dan SBJ tersebut Aspers Pangkoarmada I, Aspers Kolinlamil, Aspers Kormar, Aspres Danlantamal III, Kapolres Jakarta Utara, Kasdim 0502/JU, Sudin Pendidikan, Panitia BJRB Tahun 2018 dan para Pejabat Utama Lantamal III serta para undangan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes