partner

partner

KAL Viper Satrol Lantamal I Selamatkan 9 ABK Kapal Terbakar Di Perairan Belawan



Jakarta, 13 Agustus 2018, radarindonesia.com
KAL Viper Satrol Lantamal I menyelamatkan ABK kapal nelayan KM. Aries GT 28 yang mengalami kebakaran saat melaut untuk mencari ikan pada posisi 04° 01’ 278” U - 098° 47’ 832” T, (9 mil arah utara Bui 2)  di Perairan Belawan, Senin (13/8).

Kejadian kebakaran bermula pada pukul 04.25 WIB saat salah satu ABK melihat api yang berasal dari ruang mesin, dan mencoba memadamkan api dengan menyiram menggunkan air laut, karena angin bertiup kencang maka api semakin membesar, sehingga seluruh ABK berusaha menyelamatkan diri dengan melompat ke laut. Kebakaran tersebut memicu baterai accu kapal meledak disusul dengan ledakan pada tangki bahan bakar. Akibat ledakan tersebut, menimbulkan asap yang semakin mengepul ke udara dan hal ini dilihat secara visual oleh KAL Viper Lantamal I yang sedang melaksanakan patroli laut disekitar Perairan Belawan.

Menindaklanjuti hal tersebut, Komandan KAL Viper Mayor Laut (P) Firman memerintahkan kapal menuju lokasi asap yang mengepul. Setiba dilokasi ternyata ditemukan kapal nelayan yang tenggelam setelah mengalami kebakaran, KAL Viper langsung memberikan pertolongan dengan mengevakuasi terhadap 7 orang dari 9 ABK KM. Aries yang selamat dan mengapung dipermukaan laut, sedangkan 2 ABK lainnya sampai saat ini belum diketemukan.

ABK yang selamat telah dievakuasi oleh KAL Viper ke Dermaga Mako Lantamal I, dan salah seorang ABK yang mengalami luka bakar pada saat kejadian langsung dibawa menuju Rumkital Komang Makes untuk menjalani perawatan dan penanganan lebih intensif. 

Saat ini Tim SAR Lantamal I dengan menggunakan KAL Viper terus melanjutkan  pencarian  terhadap 2 ABK KM. Aries yang belum ditemukan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes