partner

partner

KAWAH CANDRADIMUKA” BAKAMLA RI GEMBLENG MENTAL PEGAWAI BERVISI MARITIM


Jakarta, 31 Agustus 2018 (Humas Bakamla RI), radarindonesia.com

“Kawah Candradimuka”, Bakamla RI menggembleng mental Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) berwawasan bahari dan bervisi maritim. Bertanggung jawab pada diri sendiri dan menghilangkan sikap egoisme merupakan sebuah kewajiban bagi seluruh siswa selama mengikuti penggemblengan Pelatihan Dasar, demikian pesan yang disampaikan Kepala Biro Umum Bakamla RI Brigjen TNI Marinir Sandi M. Latief saat memberikan arahan kepada 191 siswa CPN Golongan II Bakamla RI Angkatan VI tahun 2018 di Komplek Tirta dan Mega Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Jl. Raya Puncak KM.11, Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/08/2018).







Lebih lanjut Kepala Biro Umum Bakamla RI menekankan kepada seluruh siswa agar tetap fokus dengan apa yang dijalani selama mengikuti Pelatihan Dasar ini. “Banyak hikmah positif dapat diambil selama mengikuti Pelatihan Dasar yaitu membentuk karakter pribadi yang disiplin serta belajar mengatur waktu”, lanjut Karoum Bakamla RI. Diantara 191 Siswa CPNS Bakamla RI peserta Pelatihan Dasar  di Kawah Candradimuka tersebut 33 diantaranya adalah siswa CPNS wanita kemudian ada dua siswa wanita dari Kementrian Koordinator Politik Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenko Polhukkam) yang tergabung dalam Pelatihan Dasar ini.

Pelatihan Dasar ini dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan meliputi kegiatan penggemblengan fisik dan mental serta kegiatan pelajaran kelas. Kegiatan fisik mental kebaharian meliputi olahraga, senam, lari pagi, siang dan sore kemudian pelajaran wawasan kebangsaan, bela negara dan cinta tanah air, Peraturan Baris Berbaris (PBB).


Kegitan ini untuk membentuk kedisiplinan, kesetiaan dan kesetiakawanan sebagai abdi negara. Pelajaran bidang kebaharian yakni pengetahuan aturan dinas dalam di lingkungan kantor dan kapal patroli Bakamla RI meliputi tata cara upacara penaikan bendera di Kapal atau di kantor staf, sistem penjagaan di kapal dan kantor staf, tata cara apel, pengetahuan dasar penyelamatan kapal dan etika makan. Kegiatan ini dibawah bimbingan pelatih Pelda Marinir (Purn) Sujatman yang merupakan mantan pelatih senior di Puslat Diksarmil Kodiklatal Surabaya serta diperkuat 6 orang pelatih anggota Bakamla RI.


Untuk mencapai kompetensi PNS sebagai pelayan masyarakat yang berkarakter  dan profesional lembaga pelatihan menerapkan dua struktur kurikulum yaitu Kurikulum Karakter PNS meliputi Sikap Perilaku dan disiplin PNS, Nilai-Nilai Dasar PNS, Kedudukan dan Peran PNS dalam NKRI serta Habituasi. Kurikulum Kedua Penguatan Kompetensi Teknis Bidang Tugas Terdiri Dari Kompetensi Teknis Umum/ Administrasi Dan Kompetensi Teknis Substantif. Alokasi Waktu Pelajaran Kelas Sekitar 288, Mulai Dari Pembukaan Pelajaran Kebijakan Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur, Overviev Kebijakan Penyelenggaraan Pelatihan, Dinamika Kelompok, Muatan Teknis Substantif Lembaga (MTSL) Konsepsi Aktualisasi.

Kemudian agenda satu pelajaran sikap dan perilaku disiplin PNS kesehatan jasmani dan kesehatan mental, tata cara upacara sipil dan keprotokolan dan kesiapsiagaan. Agenda dua pelajaran nilai-nilai dasar PNS, akuntabilitas PNS, nasionalisme, etika publik, komitmen mutu, anti korupsi, studi lapangan internalisasi nilai-nilai dasar PNS. Agenda selanjutnya kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), Whole of Government, pelayanan publik, studi lapangan pengetahuan peran dan kedudukan PNS dalam NKRI dan evaluasi akademik. Agenda terakhir yakni Habituasi, penjelasan aktualisasi, pembimbingan rancangan aktualisasi, evaluasi rancangan aktualisasi, aktualisasi, pembimbingan pra evaluasi aktualisasi, evaluasi aktualisasi, review kebijakan penyelenggaraan pelatihan dan terakir penutupan.

Acara peninjauan Pelatihan Dasar CPNS Bakamla RI di PPMKP Ciawi, Bogor, Jawa Barat oleh Kepala Biro Umum Bakamla RI Brigjen TNI Marinir Sandi M. Latief didampingi Pelatih sekaligus Pembimbing Siswa Pelda Marinir (Purn) Sujatman serta pelatih dari Bakamla RI, Kepala Bidang Penyelenggaran Pelatihan PPMKP Ciawi H. Lebu beserta staf.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes