partner

partner

Monitor Capaian Sasaran Strategi, Bakamla RI Gelar Rakernis



Jakarta, 26 September 2018 (Humas Bakamla RI), radarindonesia.com

Direktur Strategi Bakamla RI Laksma TNI Muspin Santoso, S.H., M.Si. (Han) membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Monitoring dan Evaluasi Strategi Keamanan Laut dengan tema "Melalui Monitoring dan Evaluasi Strategi Keamanan Laut Kita Wujudkan Bakamla yang Profesional", guna mengawasi hasil capaian strategi, di Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Kegiatan Rekernis Monitoring dan Evaluasi Strategi Kamla ini diselenggarakan dalam rangka mengidentifikasi kendala dan hambatan dalam mengimplementasikan pokok-pokok kebijakan Kepala Bakamla RI Tahun 2018. Selain itu, kegiatan ini juga digunakan sebagai wadah dalam menghimpun bahan untuk mendukung proses perencanaan dan perumusan draf awal Strategi Keamanan Laut.

Dalam sambutan Kepala Bakamla RI Laksdya TNI (Purn) Ari Soedewo, S.E., M.H. yang dibacakan oleh Direktur Strategi, disebutkan bahwa Rakernis Monitoring dan Evaluasi Strategi Kamla ini diharapkan dapat membangun kerja sama yang efektif dan efesien antar satuan kerja dalam rangka menyamakan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak dalam mengimplementasikan pokok-pokok kebijakan Kepala Bakamla Tahun 2018.

Berdasarkan  Undang-Undang (UU) Nomor : 32 Tahun 2014 tentang Kelautan, Bakamla RI memiliki tugas pokok melaksanakan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia, dan yurisdiksi Indonesia. Hal Tersebut juga didukung dengan Perpres Nomor : 178 Tahun 2014 tentang Badan Keamanan Laut, yang mengamanatkan untuk menyelenggarakan fungsi mensinergikan dan mengawasi pelaksanaan patroli keamanan laut oleh instansi terkait. Atas dasar peraturan tersebut, Bakamla menggelar operasi bersama yang melibatkan unsur operasi instanasi penegak hukum di laut.

Dalam menjalin amanat tersebut, ditetapkanlah Pokok-pokok Kebijakan dan Strategi Kepala Bakamla RI Tahun 2018 sebagai Pedoman Rencana Program Kerja bagi seluruh satuan kerja di Bakamla RI Tahun 2018. Hal ini digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan pencapaian sasaran dan upaya dari strategi yang di tetapkan.

Terkait hal tersebut, dilaksanakanlah Rakernis Monitoring dan Evaluasi Strategi Kamla secara bertingkat dan berlanjut guna  menginventarisasi dan  mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi dalam melaksanakan tupoksi masing-masing. Hal ini berlaku baik secara terintegrasi dengan instansi terkait maupun dalam internal Bakamla RI pada Triwulan I Tahun 2018.

Dalam memandu acara ini, Riandi Yudha Gunawan, S.IP., M.Han. yang sehari-hari bertugas sebagai Staf Seksi Kerja Sama Dalam Negeri, dihadirkan sebagai moderator.  Kegiatan ini turut mengundang beberapa narasumber, seperti Deputi IV Pertahanan dan Kemanan, Kemenko Polhukam Laksda TNI Achmad Djamaludin, M.A.P.; Dosen Universitas Indonesia Dr. Nining Indroyono Soesilo, M.A.; dan Pokja Kedeputian Inhuker Bakamla RI Ir. Kurdinanto Sarah, M.Sc. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes