partner

partner

Deklarasi Relawan Muda Papua



Jakarta, radarindonesia.com
Di Jaman Pemerintahan Presiden Jokowi, Martabat Masyarakat Papua Terangkat. Sangat Layak untuk Melanjutkan 1 periode lagi.


Kontestasi pemilihan presiden akan berlangsung dari tahun ini sampai dengan April 2019. Para capres dan cawapres mengerucut menjadi 2 pasangan calon yaitu calon petahana yakni Presiden Joko Widodo didampingi sebagab cawapres K.H Maaruf Amin dengan  Prabowo Subianto bemapangan dengan mantan wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.  Tidak berbeda sosok yang bertarung seperti  pemilu presiden tahun 2014 tetapi dengan nuansa yang baru.

Sosok petahana Presiden Jokowi yang mendapat nomor urut 1 yang sudah menjalankan pemerintahan hampir 5 tahun perlu mendapat apresiasi khususnya terkait masalah pembangunan di Indonesia. Yang menjadi perhatian khusus adalah bagaimana pembangunan tersebut tidak hanya tersentralisasi di pulau Jawa melainkan daerah-daerah seperti di pulau  Sumatra, Kalimantan. Babkan Papua, yang notabenenya di jaman  Jokowi mendapat perhatian khusus  dibanding pemerintahan sebelumnya.

Pambangunan di daerah  Papua sendiri tidak hanya  sebatas pembangunan yang  bersifat material seperti infrastruktur melain pembangunan  sumber daya manusia juga meningkat drastis di era Presiden Jokowi. Hal itu bisa dilihat berdasarkan  data survey  dari kementerian dalam negeri yang menyebutkan IPM (indeks pembangunan manusia) meningkat  drastis dibanding periode-periode sebelumnya dan tingkat pendidikan dan akses lainnya yang menunjang pembangunan masyarakat Papua jauh lebih mudah diakses. Di bidang infrastruktur sendiri pembangunan jalan trans Papua juga sangat  membantu mempermudah akses  perdagangan  menghubungkan daerah-daerah di pedalaman Papua menjadi lebih  mudah dijangkau. Putra-Putri Papua yang berprestasi pun diakomodir oleh pemerintah untuk mendapatkan akses  beasiswa guna meberikan pendidikan yang mumpuni dan kelak akan menjadi pemimpin untuk membangun daerahnya masing-masing.

Yang juga patut perlu diapresiasi dari Presiden Jokowi yakni keberhasilan mangambil alih saham PT Freeport di Papua menjadi 51% kepemilikannya menjadi milik pemerintah Indonesia. Suatu prestasi tersendiri yang tidak  terjadi di periode sebelumnya. Pengambil alihan saham mayoritas tersebut sangat berdampak positif bagi masyarakat Papua yang artinya kini masyarakat papua berdaulat untuk  mengelola potensi sumber daya alamnya secara maksimal dan hal itu akan berdampak meningkatnya kesejahteraan ekonomi,sosial dan politik bagi masyarakat papua sehingga terciptanya pemerataan sosial.

Maka dari itu Kami selaku Relawan Muda Papua dengan pertimbangan yang matang menyatakan sikap untuk mendukung Calon Presiden Joko Widodo untuk melanjutkan sekali Iagi periode pemerintahannya. Adapun poin-poin komitmen yang kami sampaikan antara lain :

1. Komitmen untuk mengawal proses pemilu agar berjalan dengan baik dan menghimpun dukungan dari para pemuda Papua untuk mendukung pasangan calon no 1 Joko WidodoK.H dan Maaruf Amin.

2. Menolak segala bentuk kampanye Hitam seperti ujaran kebencian dan hoax yang sangat beresiko memecah belah persatuan bangsa.
3. Mendukung aparat keamanan seperti Polri dan TNI untuk menjaga dan mencegah potensi konflik yang disebabkan oleh oknum-oknum yang berusaha memecah persatuan bangsa.

Maka dari itu kami dari relawan muda papua akan mengawal pesta demokrasi agar bisa berjalan dengan baik dan mengharap partisipasi publik untuk berperan aktif menjaga keutuhan dan persaudaraan sesama putra-putri bangsa demi terciptanya pemilu yang damai.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes