partner

partner

Diskumal Adakan Pelatihan Hukum Laut Internasional


Dinas pembinaan hukum TNI Angkatan Laut (Diskumal) melaksanakan Pelatihan Hukum Laut Internasional yang diselenggarakan di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) yang akan berlangsung hingga tanggal 26 Oktober 2018.

Acara pelatihan yang yang berlangsung selama dua pekan ini secara resmi dibuka oleh Prof. Melda Karim Ariadno yang sehari-hari menjabat sebagai Dekan FHUI, dan diikuti oleh 30 Perwira TNI AL berpangkat Letnan Satu hingga Letnan Kolonel yang berasal dari berbagai latar belakang profesi, antara lain profesi pelaut, intelijen, hukum dan hidros.

Kepala Dinas Hukum TNI Angkatan Laut (Kadiskumal) Laksma TNI Kresno Buntoro, S.H., LLM., PhD., yang hadir pada acara pembukaan, berkesempatan memberikan sambutan dan menyampaikan bahwa dalam melaksanakan tugasnya TNI Angkatan Laut senantiasa bertindak dan berpedoman pada Hukum Nasional dan Hukum Internasional. Kemudian dijelaskan juga bahwa salah satu tujuan Hukum Laut Internasional adalah menciptakan keseimbangan kepentingan di laut, mengatur dan mengurangi adanya konflik antar pengguna laut, baik itu Negara Pantai ataupun Negara Bendera. Sebagai Aparat Penegak Hukum di laut, Perwira TNI AL dalam melaksanakan tugasnya dituntut untuk selalu mengerti dan memahami hukum laut baik Nasional maupun Internasional.


Sementara  Prof. Melda selaku Dekan FHUI menyampaikan bahwa, berbicara mengenai laut sangat berkaitan dengan peran TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan tugasnya yang berkaitan dengan pertahanan dan keamanan di laut. Hal ini tidak bisa dipisahkan juga dari Hukum Internasional yang dikenal sebagai The Law Of The Sea.

Dalam pelatihan ini setiap peserta akan dibekali dengan berbagai materi seperti pengenalan permasalahan hukum laut, hukum internasional publik, hukum perjanjian internasional, hukum laut, hukum pidana internasional dan berbagai persoalan yang selalu terjadi di lapangan yang dituangkan dalam studi kasus.

Disela-sela acara, Kadiskumal berpesan kepada peserta kursus agar memanfaatkan waktu pelatihan yang singkat ini sebaik-baiknya dan memperhatikan materi yang disampaikan untuk dicerna dan dipahami serta diaplikasikan dalam penugasan sehari-hari.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan antara lain Sekdiskumal beserta staf, perwakilan dari Disminpersal, Kadiskum Kolinlamil beserta staf, Kadiskum Pushidrosal beserta staf dan Dekan FHUI beserta staf.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes