partner

partner

Sestama Bakamla RI Pimpin Delegasi Indonesia dalam HLM HACGAM di Dhaka




Dhaka, 25 Oktober 2018 (Humas Bakamla RI), radarindonesia.com

Sekretaris Utama Bakamla RI Marsekal Muda TNI Widiantoro, M.B.A. hadir dalam Pertemuan High Level Meeting (HLM) of The Heads of Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM) ke-14 sebagai Ketua Delegasi Indonesia, di Dhaka, Bangladesh, Kamis (25/10/2081).

Kegatan ini secara resmi dibuka kemarin (24/10) oleh Perdana Menteri (PM) Bangladesh, Sheikh Hasina. Pada sambutan pembukaannya, Sheikh Hasina menekankan pentingnya kerja sama antara negara-negara di Asia dalam rangka menjaga keamanan laut di kawasan, karena pada dasarnya memerangi kejahatan di laut tidak dapat dilakukan oleh satu negara saja. Maka dari itu dibutuhkan suatu upaya terpadu dalam rangka menjaga stabilitas keamanan laut di kawasan. Hal ini menyikapi tindak kejahatan di laut saat ini yang tidak hanya dilakukan oleh pelaku kriminal lokal namun juga marak dilakukan oleh sindikat kriminal lintas batas negara atau transnasional.

Sheikh Hasina menambahkan bahwa coast guard sebagai ujung tombak penjagaan keamanan dan penegakan hukum di laut harus bekerja sama lebih erat lagi dalam memerangi kejahatan yang bersifat transnasional tersebut. Dengan dilaksanakan pertemuan HACGAM tiap tahunnya, diharapkan Coast Guard di Asia dapat menemukan cara terbaik dalam rangka meningkatkan keamanan laut di Asia.

Sebagai peserta aktif pada pertemuan HACGAM, Bakamla RI telah berkontribusi dalam beberapa hal, diantaranya pembuatan logo dan motto HACGAM; peningkatan kapasitas personnel HACGAM dengan pelaksanaan pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan di Indonesia; dan menjadi Chair pada kegiatan Working Group on Capacity Building. Keterlibatan aktif Bakamla RI pada forum ini merupakan wujud keseriusan Bakamla RI dalam melaksanakan Diplomasi Maritim di bidang keamanan dan keselamatan laut di Kawasan Asia.

Pada kesempatan ini, jajaran pejabat yang termasuk dalam Delegasi Indonesia beranggotakan Direktur Kerja Sama Bakamla RI Dade Ruskandar S.H., M.H.; Kasubdit Harmonisasi Strategi Kamla Bakamla RI Kombes Pol. Tatar Nugroho, S.IK.; Kasi Kerja Sama Multilateral dan Organisasi Internasional Bakamla RI Hudiansyah Is Nursal, S.H., MILIR; Perwakilan Deputi II Bidang Politik Luar Negeri Kemenko Bidang Polhukam Letkol Laut (KH) Renny Setiowati; Perwakilan Deputi I Bidang Kedaulatan Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Bapak Nurhayadi; dan Atase Pertahanan RI untuk Pakistan Kolonel Kav. Dody Muhtar Taufik.

Memanfaatkan pertemuan ini, dalam rangkaian kegaitannya Bakamla RI juga melakukan pertemuan bilateral dengan Korea Coast Guard, Japan Coast Guard, Vietnam Coast Guard, Australian Border Force, Bangladesh Coast Guard, Turkish Coast Guard, dan Singapore Police Coast Guard dalam rangka membahas rencana peningkatan kerja sama di masa mendatang.

HACGAM merupakan forum kerja sama Coast Guard terbesar di dunia, yang anggotanya terdiri dari 21 negara di Kawasan Asia dan Australia. Pertemuan HLM HACGAM yang ke-14 di Dhaka ini dihadiri oleh Coast Guard dan/atau Instansi Keamanan Laut Sipil dari Australia, Bangladesh, Brunei Darussalam, Republik Rakyat Tiongkok, Hong Kong, Jepang, India, Indonesia, Korea Selatan, Filipina, Myanmar, Pakistan, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Turkey, dan Vietnam selaku anggota HACGAM. Kegiatan ini turut juga dihadiri oleh perwakilan negara sebagai Observer, yaitu Bahrain, dan ReCAAP selaku Associate Member.

Lebih lanjut, pertemuan HACGAM kali ini di pimpin oleh Director General Bangladesh Coast Guard (BCG) Rear Admiral Aurangzeb Chowdhury selaku Chairmen. Beberapa agenda yang dibahas pada pertemuan ini antara lain adalah penentuan logo dan motto HACGAM, uji coba HACGAM website, perubahan terhadap pengaturan administratif, penerimaan Bahrain sebagai anggota tetap HACGAM, dan pelaksanaan Working Group Meeting.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes