partner

partner

Tingkatkan Keterampilan dan Inovasi, Ketum Jalasenastri Buka Pelatihan Ecoprint dan Shibori


Guna menambah wawasan, pengetahuan, keterampilan, inovasi dan kreativitas kepada anggota Jalasenastri beserta Kowal, Ketua Umum (Ketum) Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji secara resmi membuka kegiatan pelatihan keterampilan membatik dengan teknik Ecoprint dan Shibori tahun 2018 yang dilaksanakan dua hari mulai dari tanggal 21 sampai dengan 22 November 2018, bertempat di Kantor Pengurus Pusat Jalasenastri, Jalan Tabah Raya, Komplek TNI AL, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (21/11/2018).

Dalam sambutannya Ketum Jalasenastri menjelaskan bahwa, pelatihan ini merupakan lanjutan dari pelatihan sebelumnya yang telah dilaksanakan pada tanggal 12 dan 13 September 2018 yang lalu, yang ternyata sangat direspon cepat olah para peserta dengan langsung memberikan pelatihan juga kepada ibu-ibu Jalasenastri dan Kowal di unsur Bakornya masing-masing.


Ecoprint merupakan teknik memberi pola pada bahan atau kain yang menggunakan bahan alami, bisa dilakukan di rumah dan dapat menghasilkan barang yang unik, sedangkan Shibori merupakan kesenian dari Jepang dimana sebuah pola pada kain diciptakan melalui proses pencelupan pada pewarna dan beberapa bagian kain "dilindungi" agar tidak terkena pewarna sehingga hasil akhirnya memberikan pola sesuai dengan bagian yang diwarnai dan dilindungi.

Pada pelatihan Ecoprint dan Shibori lanjutan ini menghadirkan lima instrukstur yaitu Ibu Dr. Ir. Retno Keksi Wulandari, M.Si., Ibu Dra. Alphita Arundati Margono, Ibu Surani Wahyu Jatmiko, S.Psi., Psi., Ibu DR. Drh. Gesit Tjahyowati, Mvet., Sc, dan Ibu Atik Herwening Widiyanti, S.T. yang akan memberi pengetahuan Ecoprint Class Advance dan Shibori dengan pewarna indigo teknik kumo, kanoko, nui dan arashi.


Kegiatan keterampilan ini merupakan bagian dari program kerja Ketua Umum Jalasenastri yang ke depan juga akan ada pelatihan keterampilan lain yang saling berhubungan dengan pelatihan sebelumnya. “Saya sangat berharap dari pelatihan ini akan menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan serta inovasi dan kreativitas dari para peserta, syukur-syukur bisa menambah income bagi para peserta dimanapun berada”, harap Ny. Manik Siwi Sukma Adji.

Dalam kesempatan tersebut Ketum Jalasenastri juga mengungkapkan rasa terima kasih dan bangganya kepada Ketua Unsur Bakor Wilayah Jakarta dan Surabaya beserta peserta pelatihan yang sangat antusias untuk meneruskan kembali pelatihan ecoprint dan shibori kepada Anggota Jalasenastri dan Kowal di bawah jajarannya.


Turur hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua Umum (Waketum) Jalasenastri Ny. Chichi Wuspo Lukito, Pengurus Inti Pusat Jalasenastri, Ketua Daerah, Ketua Gabungan, Ketua Cabang BS dan Ketua Korcab yang tergabung dalam Bakor Jalasenastri Jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes