partner

partner

Kapolri Resmikan 8 Kapal Baru dan 1 Helyl POLAIRUD


Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian meresmikan bergabung dan beroperasinya 8 kapal baru dan 1 Helikopter kedalam jajaran armada Polairud Baharkam Polri, Senin (3/12).

Kapolri dalam amanatnya mengatakan, peran Polairud selama 68 tahun berdirinya sangat terasa baik bagi kepolisian sendiri maupun bagi masyarakat. 


"68 tahun usia yang cukup panjang. Kita bersyukur bukan hanya tetap survive, tapi juga dirasakan manfaatnya bukan hanya oleh polri namun juga bagi masyarakat yang sangat terbantu dengan kinerja Polairud, baik dalam pengamanan rutin, kejahatan transborder, memberantas illegal fishing, human trafficking, pembajakan, perompakan dan kejahatan di laut lainnya", kata Kapolri saat Peringatan Hari Kepolisian Air dan Udara Ke- 68 dan Peresmian 8 Kapal Baru Polairud dan 1 Helikopter, di Mako Polair Baharkam Polri, Jakarta, Senin (3/12).

"Polairud juga melakukan langkah preventif dan preentif. Juga berinteraksi dengan masyarakat di pulau-pulau terluar", lanjut Kapolri.


Kapolri mengingatkan, tantangan yang dihadapi Polairud kedepan semakin besar, terlebih mengingat Indonesia memiliki garis pantai yang sangat besar, kedua terbesar di dunia setelah Kanada.

"Ini tantangan yang tidak ringan. Dengan 23 unit kapal patroli, 2 pesawat udara, dan helikopter. Tapi akan terus kita perkuat", tegasnya.


Kapolri berpesan agar Polairud terus meningkatkan kedekatannya dengan masyarakat laut. Tidak hanya demi menegakkan hukum, namun juga berperan aktif dalam pembangunan ekonomi kelautan.


"Harus lebih wise dalam bertindak. Pesan saya, terus berkarya. Segala kekuatan yang kita miliki tidak ada artinya tanpa dukungan rakyat. Maka teruslah dekat dengan rakyat. Jangan sampai merusak citra kepolisian air. Segala tindakan kepolisian air tidak hanya harus ada dukungan payung hukumnya tapi juga dukungan sosial masyarakat. Jangan hanya tangkap nelayan, harus diberdayakan. Industri perikanan kelautan juga harus maju. Agar jangan lantas jadi problem bagi rakyat", paparnya.

"Terlebih dalam situasi politik seperti sekarang, penegakan hukum yang tidak pas bisa dipelintir", pungkas Kapolri


HUT Ke-68 POLAIRUD dan Peresmian 8 Kapal dan 1 Helikopter ini juga dimeriahkan dengan rampak bedug sinergitas TNI-Polri, yang menggambarkan kekompakan TNI-Polri yang bukan saja kompak di darat namun juga di laut dalam mendukung dan menjaga keutuhan NKRI.




0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes