partner

partner

Program Penguatan Tenaga Kependidikan dan Dosen Seskoal TA. 2019


Seskoal, radarindonesia.com  
Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) menyelenggarakan kegiatan berupa Pembekalan Program Penguatan Tenaga Kependidikan dan Dosen Seskoal T.A. 2019 yang dibuka langsung Komandan Seskoal Laksda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D., Senin (10/12) di Kelas A Gedung R.E Martadinata, Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan.
Kegiatan tersebut bertujuan antara lain untuk menyamakan persepsi para Dosen dengan semangat perubahan dalam rangka menjadikan Seskoal sebagai lembaga pendidikan berkelas dunia; Menyamakan pola sikap dan pola tindak selaku Perwira Penuntun/Pembimbin; Meningkatkan pemahaman Tri Dharma Perguruan Tinggi;  Memberikan pengetahuan baru terkait penelian ilmiah, dan membangun iklim akademik yang baik di Seskoal serta penguatan kelembagaan Seskoal dalam perencanaan strategis menuju World Class University.  

Komandan Seskoal Laksda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D berkesempatan menyampaikan pengantar tentang arti Dosen yang sebenarnya sebagai acuan para Dosen Seskoal dalam mengajar sekaligus melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat dengan fasilitator Dirjianstraops. Seskoal sebagai lembaga pendidikan pengembangan tertinggi di Angkatan Laut yang terakreditasi “B”,  harus mempunyai dosen tetap, baik yang organik maupun non organik  dengan gelar Doktor atau Strata 3 (S3) serta dosen tidak tetap.
Lebih lanjut dikatakan bahwa untuk menjadi dosen yang baik harus tertib administrasinya, sudah mendaftarkan penelitian yang akan dikerjakan, juga melaksanakan publikasi dengan menulis di jurnal nasional dan internasional. Selain itu, para dosen juga harus mengetahui 3 metode pengajaran dasar yaitu dengan metode Pengumpulan data, Pengolahan data dan Analisis data sebagai dasar mengajar para Pasis Seskoal, sehingga terwujud sesuai dengan keinginan lembaga.

Sementara itu pembekalan yang dilaksanakan selama empat hari kedepan ini diikuti lebih kurang 71 peserta, terdiri dari para Patun dan Dosen serta seluruh Perwira Menengah Seskoal dengan metode pengajaran ceramah dan diskusi. Beberapa materi yang disampaikan dalam kegitan Gapendik antara lain Evaluasi Pendidikan dan Jamtu, Pengantar Penguatan Dosen (Basic Research), visi dan misi Prodi S2, Sosialisasi P3M,  KKA, Taskapok dan Proposal Tesis, sosialisasi Opsma dan Opsgabma, latpim, PKB Juang, Forum Strategi, Latsisrenstra, Motivation Sesion: “Profesi Dosen”, Metodologi Penelitian, Penelitian & Publikasi Jurnal,Penguatan Kelembagaan, dan lainnya.
Pengisi materi disampaikan oleh Kementerian Dikti, Komandan Seskoal, Wadan Seskoal, para Direktur,  Kepala Departemen, Kaopsjar, Dankorsis dan Perwira Seskoal yang ditunjuk.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes