partner

partner

MENSOS RI BERI KULIAH UMUM KEPADA PASIS DIKREG SESKOAL



Seskoal, 22 Januari 2019, radarindonesia.com dari group



Menteri Sosial RI Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan kuliah umum kepada seluruh anggota Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) dan Perwira Mahasiswa (Pasis) Dikreg Seskoal Angkatan ke-57 TA 2019, Selasa (22/01/2019) di Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Kuliah umum dengan tema “Peran Kementerian Sosial RI Dalam Penanganan Masyarakat Pesisir Pasca Bencana Alam” dibuka langsung Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D. , selaku Direktur Magister Terapan Angkatan Laut.




Dalam sambutannya Danseskoal menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri Sosial RI Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si yang telah menyempatkan waktu disela-sela kesibukannya untuk hadir dan memberikan kuliah umum kepada seluruh personel Seskoal, dan 150 Perwira Mahasiswa (Pasis) Dikreg Seskoal Angkatan ke-57 serta para mahasiswa umum peserta Program Seat In Seskoal.



Danseskoal berharap kuliah umum ini dapat memberikan pemahaman serta pengetahuan mengenai peran kementerian sosial RI dalam penanganan masyarakat pesisir pasca bencana alam. Selain itu kuliah ini juga menjadi sarana berargumentasi dalam akademis untuk dapat memantapkan pemahaman dan keterbukaan diri untuk terus belajar.


Menteri Sosial RI Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si dalam paparannya menjelaskan bagaimana peran Kementerian Sosial dalam menanggulangi bencana. Program tersebut dilaksanakan melalui beberapa tahapan dengan melihat aspek sosial, yaitu segala hal yang harus dipersiapkan sebelum bencana terjadi yaitu dengan Penyiapan Sistem penanggulangan bencana Bidang Perlindungan Sosial, Penyediaan sarana dan prasana logistik, Pelatihan untuk Tagana Muda, Madya dan Utama, Fasilitasi Sahabat Tagana, Fasilitasi pembentukan Kampung Siaga Bencana , Fasilitasi pembentukan Forum Keserasian Sosial dan Kearifan Lokal, dan Fasilitasi Tagana Goes to School serta Sosialisasi, simulasi, dan gladi lapangan.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa asistensi sosial juga harus dilaksanakan pada saat bencana terjadi misalnya Aktivasi Sistem Tanggap Darurat (Dapur Umum, Tenda dan Logistik), Layanan dukungan psikososial (LDP), Pengerahan SDM Tagana dan relawan sosial, Pemberian bantuan pemenuhan kebutuhan dasar dan pelayanan sosial lainya.

“Dalam pemulihan sosial, para korban perlu diberikan bantuan pemulihan (santunan ahli waris, jaminan hidup, isi hunian dan bahan bangunan rumah), dan layanan dukungan psikososial (LDP), serta melaksanakan rujukan shelter, sekolah, kesehatan, sanitasi air lapangan pekerjaan”, ujar Agus Gumiwang Kartasasmita.

Kuliah umum ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan pemberian cinderamata, dari Danseskoal kepada Menteri Sosial RI dilanjutkan pengisian buku tamu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes