partner

partner

Pelantikan LPM Cipondoh, Sinergi Menuju Cipondoh Lebih Tertata dan Sejahtera


Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) harus dapat membantu pemerintah daerah dalam merealisasikan program-program peningkatan kualitas sumber daya manusia, dimana LPM tersebut berada. Karena itu LPM juga harus meningkatkan sinerginya baik dengan pemerintahan tingkat kecamatan maupun kelurahan.

Pesan tersebut disampaikan Camat Cipondoh, H. Kiki Wibhawa AP disela-sela Pelantikan Pengurus DPC LPM Cipondoh di Tangerang, Banten, Minggu (20/1).

"Harapan terbesar kita LPM secapatnya bersinergi dengan pemerintah baik Lurah maupun Kecamatan. Membantu mensosialisasikan, membentuk dan menata kampung kita yang ada dari tiap-tiap kelurahan. Kemudian juga membantu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat", kata Kiki.

"Pemerintah Tangerang harus dibantu, partisipasi semua pihak dari elemen masyarakat Tangerang. Masyarakat tidak semuanya diserahkan kepada pemerintah. Sekarang harus ada kemauan masyarakat bergerak untuk kesejahteraan kita semua, (LPM) harus bisa mempunyai nilai ekonomis kepada seluruh masyarakat", lanjut Kiki. 

Sebagai contoh, tambah Kiki, di Kelurahan Poris Plawad setelah beberapa waktu dibina, sekarang kelompok masyarakatnya sudah bisa menghasilkan produk sambel mangga.  

"Bahkan kemarin pada saat Ketua tim  PKK Kecamatan Cipondoh presentasi dihadapan tim kota Tangerang, ibu Ali, mendapatkan mesin vacum, dan sekarang hasil penjualannya sudah sampai ke daerah Jawa Tengah. Bahkan kemarin dari hasil P2K yang juga  dilombakan, itu ada salah satu keluarga dalam usaha peningkatan pendapatan keluarga dengan menjual kripik singkong dan emping balado sekarang pendapatan per harinya 6 juta rupiah. Dan itu sudah dipasarkan baik ke minimart-minimart, online bahkan sekarang sudah masuk ke kue talas Bogor. Mudah-mudahan contoh-contoh seperti ini bisa dicontoh oleh kelurahan lainnya", papar Kiki.

"Kemudian juga dengan secepatnya kelurahan-kelurahan agar juga bisa melakukan gerakan yang sama dalam peningkatan pendapatan keluarga dalam program kampung kita", pungkas Kiki.

Dikesempatan yang sama, Ketua DPC LPM Cipondoh,  H. Idul Amsari mengakui, masih banyak yang harus dikerjakan dalam menata maupun memberdayakan masyarakat Cipondoh.

"Banyak, terutama mengenai hal perhatian terhadap masyarakat,  pendekatan - pendekatan kepada para  pengangguran, itu bagaimana caranya mereka itu bisa bekerja. Tapi dalam waktu dekat, setelah pelantikan ini, LPM semuanya untuk mengerjakan perintah pak Walikota yang berprogram kampung tematik itu. Pemerintah daerah juga semuanya siap bekerja sama, siap bareng dan siap memberi fasilitas", paparnya.

Idul berharap, kehadiran LPM Cipondoh kedepan dapat benar-benar dirasakan manfaatnya bagi warga Cipondoh.

"Singkatan LPM itu kan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat yang artinya mana masyarakat - masyarakat yang membutuhkan, LPM hadir memberi solusi. Terlebih LPM itu pengurusnya para tokoh semua, makanya kehadiran LPM ini bisa diterima oleh semua pihak, meskipun LPM itu sendiri belum dapat anggaran dari pemerintah, karena  LPM pada prinsipnya adalah kerja sosial", ujarnya.

Namun demikian Idul menampik bila dikatakan kehadiran LPM hanya untuk mencari-cari proyek di Kelurahan maupun Kecamatan.

"Kehadiran LPM itu bukan untuk mengerjakan pekerjaan - pekerjaan yang ada dilingkungan Kelurahan dan Kecamatan. Tetapi tidak tertutup kemungkinan kalau pemerintah setempat menyerahkan lewat LPM, ya monggo. Tapi kalau sengaja mengejar proyek-proyek kecil dari tingkat kecamatan, itu tidak benar. Karena kehadiran LPM itu mitra pemerintahan jadi sangat dijaga benar. Himbauan saya  Keharmonisan LPM dengan Lurah itu harus terjalin", tegas H. Idul Amsari.

Susunan dan personalia pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC)  Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Cipondoh :

1. Jabatan Dewan Fasilitator :
a). Camat Cipondoh
b). KH. Syaiful Milah, MM, M.BA.
c). H. Imam Zarkasi, M.pd
d). H. Ade Michtiar.

2. Dewan Pakar : 
a). Drs. KH. Asmuni Al-Haitami
b). H. Asely Al-Khusyairi
c). H. Syahroni, S.Pd.I. d). H. Abdul Karim

3. Pengurus Harian 
Ketua : H. Idul Amsari
Wakil ketua : H. Lukman
Wakil ketua : Ust. Fathoni
Wakil Ketua:  Darus Salam. S.IP.
Wakil Ketua: Abdul Malik, ST.
Wakil Ketua: Ahmad Nadzir, S. HI.
Wakil Ketua: Silmi Nursifa  Restu

Sekretaris : Nur Asyik
Wakil Sekretaris : Ust. Abdul Rohman, S.Pd. 
Wakil Sekretaris: Hj. Mulyati, S.Ag.
Wakil Sekretaris: Ahmad Sudarto
Wakil Sekretaris: Abdul Karim
Wakil Sekretaris: Ust. Romdoni
Wakil Sekretaris: Suprihatin
Wakil Sekretaris: Naman Kole

Bendahara : Aa Juned
Wakil Bendahara: H. Damanhuri, S. Pd. I.
Wakil Bendahara : H. Suyatno



0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes