partner

partner

SESKOAL KEMBALI MENDIDIK 150 PERWIRA MAHASISWA DIKREG SESKOAL ANGKATAN KE-57 TA.2019


Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut kembali mendidik 150 Perwira Mahasiswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-57 Tahun Ajaran 2019 selama 44 minggu di Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan.

Adapun ke-150 Pasis tersebut adalah 138 Pasis TNI AL yang terdiri dari 55 Korps Pelaut (P), 17 Korps Tehnik (T), 14 Korps Elektronik (E), 15 Korps Suplai (S), 25 Korps Marinir (Mar), 2 Korps Kesehatan (K), 6 Korps Khusus (KH) dan 4 Korps Pomal (PM). Sementara TNI AD dan TNI AU mengirimkan masing-masing 2 Pasis, serta 8 Pasis dari Negara sahabat yaitu Australia, India, Malaysia, Singapura, Pakistan, Korea Selatan, Jepang dan Thailand.


Kegiatan ini diawali dengan Upacara Pembukaan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., bertempat di Auditorium Jos Soedarso Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (14/01) yang dihadiri Wakasal Laksdya TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., Wadan Sesko TNI, Para Komandan Sesko Angkatan, Para Pejabat Mabesal, Para Pangkotama, Para Athan Negara Sahabat, Rektor Unhan, Dosen Pengajar Non Organik, Komandan Seskoal  Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D selaku Direktur Magister Terapan Angkatan Laut, Wadan Seskoal Laksma TNI Tatit E. Witjaksono., S.E., M.Tr (Han), para pejabat utama Seskoal serta Patun, Dosen Seskoal dan undangan lainnya.

Dalam amanatnya, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., mengatakan Seskoal adalah lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi TNI Angkatan Laut yang bertujuan untuk memberikan bekal ilmu pengetahuan, membentuk kepribadian dan karakter sebagai prajurit yang profesional dan mengembangkan kemampuan kepemimpinan maritim bagi para perwira.  


“Pendidikan Sesko Angkatan juga merupakan moment perubahan yang sangat penting dalam perjalanan karir seorang perwira. Penguasan pada tataran teknis dan taktis yang dimiliki pada perjalanan karir sebelumnya akan dikembangkan dengan peningkatan kemampuan pada tingkatan yang lebih tinggi yaitu level operasional dan strategis. Untuk itu diperlukan perubahan mindset para perwira mahasiswa untuk mampu berpikir global, holistic, integrative dan memiliki visi yang jauh ke depan” , ujar Kasal.

Disela-sela acara, Danseskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D selaku Direktur Magister Terapan Angkatan Laut mengatakan bahwa yang spesial di hari ini adalah mulai berlakunya program Magister Terapan Program Studi Strategi Operasi Laut setara S2 sesuai dengan pendidikan Nasional. Pendidikan Reguler Seskoal merupakan Pendidikan Magister Terapan Program Studi Strategi Operasi Laut, dengan Kurikulum Pendidikan menggunakan beban kuliah 55 sks (satuan kredit semester). Dimana para Perwira Mahasiswa Magister Terapan Program Studi Strategi Operasi Laut diwajibkan menyusun Tugas Akhir berupa Tesis sebagai persyaratan untuk mendapatkan gelar Magister terapan Strategi Operasi Laut (M.Tr.Opsla). Hasil tesis terpilih dapat dipublikasikan dalam bentuk artikel ilmiah pada Jurnal Nasional terakreditasi dan Jurnal Internasional bereputasi.


“Kedepan Seskoal akan mengadakan Program Sit In, yaitu kesempatan belajar untuk sekitar 20 mahasiswa umum mengikuti kelas di Seskoal “, lanjut Danseskoal.

Usai Pembukaan Pendidikan dilanjutkan dengan pembekalan awal yang disampaikan Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D., dihadiri Wadan Seskoal Laksma TNI Tatit E. Witjaksono., S.E., M.Tr (Han), para Pejabat Utama Seskoal serta Patun dan Dosen Seskoal.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes