partner

partner

“Festival PesonaTambora 2019 Menyapa Dunia”



Jakarta, radarindonesia.com



Event tahunan Festival Pesona Tambora akan kembali digelar tahun 2019 ini sebagai bagian Calendar of Event (CoE) Pariwisata NTB, sekaligus menyapa kembali Dunia dan menunjukkan bahwa kita tetap eksist di sepanjang tahun. Seperti biasanya, Dinas Pariwisata NTB sedang menyiapkan penyelenggaraan festival yang akan dilaksanakan pada April mendatang.

Saat ini kita dalam tahap persiapan karena rangkaian acara akan dimulai pada tanggal 7 April mendatang. Puncaknya Festival Tambora tetap pada 11 April. Sebelumnya rangkaian acara menuju event Festival Pesona Tambora akan dilaksanakan pada bulan Maret 2019 ini. Namun diundur lantaran ada perhelatan akbar Pemilu 2019.

Sudah tidak di ragukan lagi keindahan alam, keanekaragaman hayati, dan kekayaan kultur budaya, adalah modal yang sudah dimiliki Tambora untuk memikat dan menginspirasi dunia.



Seruan agar Tambora menginspirasi dunia tersebut menggema dalam launching Festival Pesona Tambora 2019 di Balai Kartini, Jakarta, (25/3/2019). Mewakili Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Panjaitan yang berhalangan hadir, Sekretaris Jenderal Kemenko Maritim Laksamana Madya (pur) Agus Purwoto, didampingi Gubernur NTB H Zulkieflimansyah, melaunching festival tersebut dengan meriah.

Tentulah kata Agus Purwoto, agar terus bisa menginspirasi dunia, perlu ada pembenahan di kawasan Tambora. Terutama agar keindahan alam, keanekaragaman hayati dan kekayaan kultur dan budaya di dalamnya bisa menginspirasi generasi milenial di masa kini.

Yang terkini adalah bahwa dunia bisa belajar ke Bumi Gora. Bagaimana Lombok dan Sumbawa, yang belum setahun dilanda gempa besar nan beruntun, kini sudah mulai bangkit kembali. Dan bahkan bergerak lebih maju dengan derap pembangunan yang luar biasa.

Selain Agus Purwoto, Launching Festival Tambora dihadiri para pejabat dari Kementerian Perhubungan, Kementerian Pariwisata di mana hadir sejumlah staf ahli dan staf khusus menteri. Hadir pula para tokoh-tokoh NTB di Jakarta. Seperti Prof Burhanudin Magenda, Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Termasuk para bupati dan wali kota se Pulau Sumbawa.

Launching berlangsung dengan meriah. Dibuka dengan tari Zapin Arubana, yang menunjukkan kebolehan gadis-gadis dari Bima memainkan rebana. Juga ada fashion show yang menampilkan kreasi desainer-desaier andal dengan bahan tenun khas Bima dan Sumbawa.

Gubernur NTB H Zulkieflimansyah mengharapkan, Festival Pesona Tambora yang sudah memasuki tahun kelima, terus berkembang. Dia ingin festival ini terus membaik. Terus menginspirasi dan terus mendatangkan kunjungan wisatawan ke Pulau Sumbawa.

Orang nomor satu di NTB ini juga ingin keberadaan Tambora bisa mendatangkan kemajuan bagi masyarakat. Bisa menghadirkan investasi, sehingga menjadi jalan untuk memajukan daerah.

Tambora punya potensi. Keindahan alam pengunungannya, di mana di dalamnya ada kawah dengan diameter lebih dari tujuh kilometer. Yang bisa menjadi magnet bagi wisatawan di mana pun di dunia untuk datang. Di kaki Tambora, ada Teluk Saleh, teluk dengan potensi perikanan dan kelautan yang mencapai Rp 11 triliun setahun. Potensi-potensi itu menanti investor untuk memolesnya.

Saat ini bahkan ditemukan ada spesies tanaman mangga, yang sudah dinyatakan punah di dunia. Namun, oleh para ahli dan peneliti kemudian ditemukan ada di Gunung Tambora.



Lingkungan Tambora yang terpelihara, akan menjadi sumber daya yang tak ternilai harganya bagi NTB. Baik dari sisi ilmu pengetahuan, maupun dari sisi pengelolaan kehidupan yang keberlanjutan.

Banyak event event yang akan berlangsung di Festival Tambora ini,  di antaranya event Semalam Dalam Loka yang dipusatkan di Sumbawa. Kemudian ada Teka Tambora yang dipusatkan di Bima. Event ini adalah event pendakian Gunung Tambora.

Akan ada pula Lawata Festival yang dipusatkan di Kota Bima. Event ini akan mengeksplor keindahan Pantai Lawata di Kota Bima. Lalu ada Lanud Zam Golf Tournament yang digelar di Lombok, dan Festival Geopark Tambora di Bima dan Dompu.

Khusus festival yang terakhir, rangkaiannya berupa pendidikan konservasi bagi generasi muda, ada Tambora clean up tour, ada Sapu Gunung Pesona Tambora, dan ada penyeraan bantuan ekonomi produktif dan trip adventure Rinjani-Tambora.

Sementara pada acara puncak di Dompu, akan digelar sejumlah rangkaian yakni pacuan kuda, sepeda wisata, pawai budaya, color run, trail adventure, dan hiburan rakyat.


Seluruh kabupaten/kota di Pulau Sumbawa ikut mensuport event Festival Pesona Tambora 2019 ini, dan festival ini diyakini akan dapat meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan ekonomi kreatif. Yang tentunya juga berdampak baik terhadap perekonomian masyarakat setempat.

Disebutkan, keberadaan festival ini akan semakin memberikan daya tarik bagi para wisatawan untuk menikmati destinasi wisata yang ada di Pulau Sumbawa. Dan akan semakin membuka mata bagi pariwisata dunia. (Pur).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes