partner

partner

Kepala SPKKL Aceh Bakamla Temui Komandan Kapal India Coast Guard Di Sabang



Sabang, 18 Maret 2019 (Humas Bakamla RI), radarindonesia.com 


Kapal Indian Coast Guard Vijit melakukan kunjungan ke Sabang. Untuk menyambut kedatangannya, Bakamla mengirimkan perwakilannya yakni Kepala Stasiun Pemantauan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Aceh Mayor Bakamla Dony Nova R., S.Kom. M.Si (Han), dalam pertemuan di atas kapal Vijit yang sedang berlabuh di Pelabuhan Sabang Dermaga CT 3, Prov. Aceh, Senin (18/3/2019).

Dihadapan Komandan Kapal Vijit T. Ashish dan Atase Pertahanan India untuk Indonesia Capt. J.S. Danoa serta beberapa perwira yang sedang bertugas di Kapal Vijit, Mayor Bakamla Dony menjelaskan tentang Bakamla. Dipaparkannya sekilas tentang sejarah pembentukan Bakamla yang merupakan revitalisasi dari Bakorkamla, serta tugas dan fungsi Bakamla, yang didukung dengan keberadaan Kantor Zona Kamla dan SPKKL serta Stasiun Bumi di Babel dan Bitung.

Paparan yang dilakukan berlangsung cukup interaktif, pasalnya Indian CG cukup tertarik dengan Bakamla yang diakuinya sebagai sesama Coast Guard. Concern diberikan terhadap dua hal yaitu Search and Rescue (SAR) dan Pencemaran laut. Dijelaskan oleh Dony bahwa untuk SAR, leading sector adalah Basarnas dan Bakamla sebagai pendukung pada saat dibutuhkan unsur untuk SAR. Sedangkan untuk pencemaran laut, Bakamla berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup.

Menyambung hal tersebut, pihak Indian CG bahkan menawarkan adanya kerja sama pelatihan dengan Bakamla, yang terkait dengan SAR dan penanganan polusi laut. Sebelumnya, Komandan Vijit juga menyatakan rasa senangnya atas kedatangan perwakilan Bakamla ke Kapal Vijit. “Selamat datang kepada Indonesia Coast Guard yang anda sebut sebagai Bakamla, terima kasih atas kedatangannya, karena kita sesama Coast Guard di kawasan Asia, ucapnya.

Pertemuan diwarnai pula dengan penyerahan cinderamata oleh Komandan Kapal Vijit kepada Kepala SPKKL Aceh. Usai pertemuan tersebut, Kepala SPKKL Aceh juga turut serta mendampingi Komandan Kapal Vijit beserta rombongan melakukan kunjungan ke Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes