partner

partner

KOMANDAN SESKOAL SECARA RESMI MEMBUKA SEMINAR FORUM STRATEGI PASIS DIKREG ANGKATAN KE-57 TA. 2019



Seskoal, 11 Maret 2019, rada

Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D. secara resmi membuka Seminar Forum Strategi Perwira Mahasiswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal Angkatan ke-57 TA. 2019 di Kelas A Gedung RE. Martadinata Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (11/03). Pembukaan ditandai dengan penyerahan secara simbolis palu sidang dari Danseskoal kepada Mayor Laut (P) Abdiyan Saiful Hidayat, S.E.

Danseskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D., dalam sambutannya mengatakan rangkaian seminar Forum Strategi yang dilaksanakan ini pada hakikatnya adalah suatu kegiatan yang menggambarkan proses perencanaan pembangunan dan penggunaan kekuatan pertahanan Negara di laut dalam jangka waktu tertentu. Adapun proses ini dibagi dalam empat tema seminar yang disusun secara berurutan dan berkesinambungan serta mempunyai keterkaitan erat mulai dari Forum Strategi I sampai dengan Forum Strategi IV.

Pada Forum Strategi I, Pasis fokus melaksanakan pembahasan mengenai analisis ancaman dan pilihan strategi. Sedangkan pada Forum Strategi II, atau lebih dikenal dengan Kuliah Kerja, Pasis fokus melaksanakan pembahasan pada lingkungan dan verifikasi apakah pilihan strategi hasil Forum Strategi I dapat didukung oleh Sumber Daya Nasional yang ada. Kemudian  pada Forum Strategi III, fokus pembahasaan pada postur TNI Angkatan Laut berikut perkiraan resiko dan yang terakhir pada Forum Strategi IV memfokuskan pembahasan mengenai pengerahan dan penyebaran kekuatan TNI Angkatan Laut.

Lebih lanjut dikatakan Danseskoal, bahwa menyongsong paradigma baru TNI sekarang ini maka jati diri TNI dituntut untuk dapat bertindak secara professional dihadapkan dengan era revolusi industri 4,0. Oleh karena itu melalui Forum Strategi ini hendaknya dimanfaatkan oleh Perwira Mahasiswa sebagai media berolah pikir dalam mengaktualisasikan kemampuan akademik melalui teori yang telah dipelajari tanpa harus terikat oleh kebijakan pemerintah yang saat ini sedang berjalan, karena kegiatan Forum Strategi ini merupakan wahana dalam proses pembelajaran terhadap calon pemimpin TNI di masa mendatang.

Mengakhiri sambutannya, Danseskoal memberikan penekanan kepada para Pasis dalam Seminar ini yaitu antara lain menggunakan teori studi wilayah, analisis lingkungan strategi, analisis ancaman dan teori-teori strategi terkait ; melaksanakan koordinasi dan kerjasama secara kondusif dalam mengakomodasikan berbagai kemungkinan perbedaan yang akan timbul diantara sesama Pasis dalam mengajukan pendapat ; dan diharapkan dapat melahirkan ide-ide baru, pemikiran dan gagasan yang segar serta cemerlang. 

Hadir pada acara Seminar tersebut Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Tatit Eko W, S.E., M.Tr (Han), para Pejabat Seskoal, Para Dosen dan Patun Seskoal.l

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes