partner

partner

Cikarang Listrindo Memberikan Nilai yang Terus Meningkat kepada Para Pemegang Saham Selama 3 Tahun Terakhir



Jakarta, 16 April 2019, radarindonesia.com

PT Cikarang Listrindo Tbk (IDX:POWR) hari  ini menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk kinerja tahun 2018 bertempat di Sheraton Gandaria Hotel, Jakarta. Seperti yang disampaikan dalam RUPST, Perseroan berhasil melewati tahun 2018 yang merupakan tahun pelayanan yang ke-25 dengan capaian yang baik. Perseroan berhasil menunjukkan kinerja keuangan yang baik di tengah tantangan ekonomi global yang dipenuhi dengan ketidakpastian dan tren penumbuhan global yang melambat.

Pada tahun 2018, Perseroan berhasil meraih pertumbuhan marjin EBITDA dari 37% menjadi 39% yang didorong oleh permintaan kWh listrik pelanggan kawasan industri yang mengalami kenaikan sebesar 4,8% dibandingkan periode yang sama tahun Ialu. Perseroan juga memecahkan rekor selama 25 tahun berciri dengan berhasil menjual Iistrik lebih dari 5.000 Gwh dalam periode 1 tahun. Dari segi operasional, Perseroan berhasil mempertahankan kinerja operasional yang handal dengan faktor ketersediaan sebesar 96%, stabil dibandingkan tahun sebelumnya dan level susut energi dalam jaringan distribusi dan transmisi yang rendah sebesar 0,7%.

Dalam RUPST, Pemegang saham menyetujui penggunaan sebagian laba bersih Perseroan tahun 2018 dalam bentuk dividen sekitar Rp66 per lembar juta kepada pemegang saham termasuk dividen interim yang telah dibagikan sebesar Rp24 per Iembar pada bulan November 2018. Direktur keuangan, Christanto Pranata mengatakan ”Kami bersyukur dapat melewati tahun 2018 yang merupakan tahun pelayanan kami yang ke-25 dengan baik. Kinerja operasional dan keuangan yang solid memungkinkan kami untuk mempertahankan komitmen dengan terus memberikan nilai yang terbaik kepada pemegang saham. Hal ini dapat dilihat dari jumlah dividen per lembar yang terus meningkat selama 3 tahun terakhir, yaitu sebesar Rp.55 per lembar untuk tahun buku 2016, Rp59 per Iembar untuk tahun buku 2017 dan sekitar Rp66 per lembar untuk tahun buku 2018."

RUPST ini juga menyetujui antara Iain pengesahan Laporan Tahunan Perseroan untuk tahun buku 2018 serta memberikan pembebasan tanggungjawab sepenuhnya (acquit et décharge) kepada seluruh anggota Direksi dan Dewan Komisaris atas tindakan pengawasan dan pengurusan sepanjang tahun 2018, pelaksanaan pemberian saham bonus kepada karyawan dari hasil buyback saham Perseroan, dan penunjukkan Kantor Akuntan Publik Purwantono, Sungkoro dan Surja (Ernst & Young Indonesia) untuk mengaudit Iaporan keuangan untuk periode yang berakhir tahun buku 2019.

Dalam RUPST, Manajemen juga menyampaikan bahwa tema 25 tahun Perseroan adalah Transformasi Berkelanjutan. Transformasi ini akan terus dilanjutkan guna memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada pelanggan dan stakeholders. Transformasi digital dengan mengadaptasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP) dan Enterprise Asset Management (EAM) dalam rangka menyambut tantangan era Revolusi industri 4.0 akan diimplementasikan di tahun 2019 ini. Disamping itu pengembangan energi
terbarukan juga akan dilakukan diantaranya melalui penjajakan solar panel dan feasibility study untuk opsi pembakaran biomassa di PLTU Babelan.
Sekilas mengenai Cikarang Listrindo

Cikarang Listrindo merupakan perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 2016 yang bergerak di bidang infrastruktur, utilitas dan transportasi. Perseroan merupakan perusahaan listrik swasta terlama yang bergerak di bidang pembangkitan dan penyaluran tenaga listrik di Indonesia. Perseroan melayani pelanggan industri di lima kawasan industri di daerah Cikarang dan juga memasok listrik kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN), sebuah perusahaan listrik milik negara, berdasarkan Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (”PJBTL”).

Perseroan memiliki dan mengoperasikan pembangkit listrik berbahan bakar gas dan batu bara dengan kapasitas masing-masing sebesar 864MW dan 280MW. Total kapasitas pembangkit terpasang gabungan sebesar 1.144MW. Pembangkit listrik berbahan bakar gas terletak di daerah Jababeka dan Kota Industri MM-2100, dengan luas masing-masing sekitar 16 hektar dan 12 hektar, berjarak sekitar 45 km sebelah timur Jakarta. Pembangkit listrik berbahan bakar batubara terletak di Babelan, Bekasi, 20 km sebelah timur Jakarta dan 30 km sebelah barat laut dari kawasan industri di daerah Cikarang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes