partner

partner

PAMERAN UNGGULAN PRODUK UKM HULU SUNGAI UTARA DIPAMERKAN DI TMII



Jakarta, 19 April 2019, radarindonesia.com



Dalam pameran di TMII ini, stand Kalimantan Selatan menjadi sorotan tamu-tamu yang hadir disini,  karena barang-barang yang dipamerkan disini  menjadi andalan kerajinan dari anyaman purun, eceng gondok, Lulu/rotan merah   kabupaten Hulu sungai Utara, Propinsi Kalimantan Selatan. Semuanya menjadi andalan kami, tetapi sudah kami kaji didaerahnya kami, sejak tahun 2013 sudah ada KUB (Kelompok Usaha Bersama ) kerjasama dengan kementrian Perindustrian Jakarta, jadi terpilih di daerah kami anyaman purun dan ulung (eceng gondok), dibuat juga rencana jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang, dan diharuskan adanya perda rencana industri kabupaten kota dan propinsi. Rencana kedepannya kami akan memajukan bamban (purun).



Produk kami yang dari eceng gondok itu sejak tahun 2015 sudah mendunia, pesanan dari Jepang, Jerman terus mengalir, akan tetapi KUB ( kelompok Usaha Bersama ) masih kurang SDM / tenaga kerja dan bahan-bahan bakunya, walaupun 90% daerah rawa pokok ditempat kami. Disini masyarakatnya hanya tertarik mencari ikan dari pada mencari eceng gondok. Karena ikan setiap hari bisa dijadikan duit langsung setiap harinya. Kalau eceng gondok harus melalui proses panjang untuk menjadi uang.



Tetapi sekarang sudah disiasati oleh salah satu ketua pembina KUB Kembang Ilung juga beliau sebagai  Nara sumber instruktur.
Karena ekonomi masyarakat di daerah dekat rawa tersebut sangat rendah, sehingga mereka lebih tertarik mencari ikan dari pada mencari eceng gondok sebagai bahan baku, tetapi sekarang sudah disiasati oleh KUB kini sudah berjalan sangat 5jflancar, ujar Haji Akhmad Redhani Effendi kadis perindustrian perdagangan dan koperasi kabupaten Hulu Sungai Utara.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes