partner

partner

PASIS DIKREG SESKOAL LAKSANAKAN KKLN KE TIGA NEGARA ASIA TENGGARA



Seskoal, 27 Maret 2019, radarindonesia.com 

Sebanyak 150 Perwira Mahasiswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) melaksanakan Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN) ke tiga negara Asia Tenggara yaitu ke Singapura, Thailand dan Filipina selama lima hari sejak 25-29 Maret 2019.

Kegiatan KKLN dilaksanakan dengan tujuan agar para Pasis Dikreg Seskoal mendapatkan wawasan yang lebih luas tentang berbagai ilmu pengetahuan, ketatanegaraan dan kultur yang ada dibeberapa negara sahabat  khususnya Singapura, Thailand dan Filipina. Disamping itu kegiatan ini selain dapat  memperluas Net Working antar instansi kedua negara juga dapat memperkuat kerjasama yang sudah terjalin sebelumnya antara lain dalam bidang Join PatrolCoast Guard dan Trilateral dalam ASEAN.

Delegasi Seskoal dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari Ketua Delegasi, pendamping dan Pasis Dikreg Seskoal. Dalam waktu yang bersamaan para Delegasi melaksanakan kunjungan ke negara sahabat di Asia Tenggara (Singapura, Thailand, Filiphina) dengan tujuan masing-masing negara yang sudah ditentukan.

Untuk Delegasi Seskoal tujuan Singapura dipimpin langsung Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D. didampingi Pejabat Utama dan Patun Dosen serta 50 Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-57 TA 2019. Dalam kegiatan ini rombongan delegasi diterima dengan hangat oleh Atase Pertahanan Indonesia Kolonel Pnb Benny Arfan yang didampingi Atase Laut Indonesia Kolonel Laut (P) Jimmy R Pelupesy dan Asisten Atase Pertahanan Mayor Mar Irfan B Lubis.  Dalam mengawali kunjungannya, rombongan meninjau ke galangan kapal ST. Engineering Marine Singapura yang merupakan implementasi Mata Kuliah (MK) Teknologi dan Informasi Maritim. Di hari berikutnya menghadiri undangan Chief Of Staff-Naval Staff RADM Timothy Lo di Hillview, dan kunjungan ke Singapore Technogy Engineering MarineMaritime Port Authority (MPA) Singapura, Singapore Discovery Centre and Executive yang merupakan wahana bagi generasi muda Singapore dalam membangkitkan jiwa nasionalisme dan patriotisme serta mencari jati diri Bangsa Singapore,  Dinner dengan Komandan Maritime Training and Doctrine Command (MTDC) dan beberapa tempat lainnya.

Sedangkan Delegasi Seskoal dengan tujuan Thailand yang dipimpin Wakil Komandan Seskoal Laksamana Pertama TNI Tatit Eko Witjaksono, S.E., M.Tr (Han). mengawali kegiatannya di Bangkok dengan melaksanakan kunjungan kehormatan ke Kedubes RI untuk Thailand dan diterima Dubes RI untuk Thailand Ahmad Rosidi beserta Atase Laut Indonesia di Thailand Kolonel Mar Heru Purwoko, Atud Kol Pnb Agung Sur, Athan Kolonel Robertus dan Atal Kolonel Marinir Heru Purwoko.
Hari berikutnya kunjungan ke Sattahip Dockyard, Royal Thai Navy, Marines Corp Museum, Royal Thai Navy, Idustri Pertahanan Thailand Chaiseri dan Naval Command and Staff College, Royal Thai Navy.

Sementara itu Delegasi Seskoal dibawah pimpinan Direktur Pengkajian Pengembangan Pendidikan (Dirjian Bangdik) Seskoal Kolonel Marinir Much. Sulchan, M.Tr (Han) dengan tujuan Filiphina mengawali kegiatannya dengan melaksanakan kunjungan kehormatan ke Kedubes RI di Filipina yang diterima langsung oleh Wakil Dubes RI untuk Filipina Ibu Budi Dhewajani. Dilanjutkan ke beberapa tempat antara lain Armed Forces of Philippines Education, Training and Doctrine Command (AFP ETDC), diterima Commander of Command and General Staff College (CGSC); Headquarter Of Philippines Navy (HPN) ; dan GreenHill dengan melihat kerajinan budaya lokal.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes