partner

partner

DENGAN BERTUMBUH 27% DAN MENCETAK LABA DIBAWAH MANAJEMEN YANG BARU



JAKARTA, 9 Mey 2019,

Ketidakpastian perekonomian global banyak mempengaruhi dinamika nilai tukar Rupiah pada 2018. Ketidakpastian tersebut dipengaruhi oleh berlanjutnya kenaikan Federal Funds Rate (FFR) dan ketidakpastian pasar keuangan global. Mengutip dari Laporan Bank Indonesia mengenai Perekonomian Indonesia 2018, nilai tukar Rupiah pada 2018 secara merata melemah 6,05% (yoy) ke level Rp14.246 per dolar AS dari Rp13.385 per dolar AS pada 2017. Secara point-to-point (ptp), nilai tukar Rupiah melemah 5,65% dan ditutup di level Rp14.380 perdolar AS pada akhir  2018.



Penguatan dollar AS ini memberikan pengaruh terhadap harga dunia Soybean Meal sebagai bahan baku pakan ternak yang terus mengalami kenaikan yang signifikan sekitar 20% sampai dengan bbpertengahan tahun 2018, namun setelah itu mengalami penurunan
pada level harga awal tahun 2018.

lndustri peternakan khususnya peternakan unggas mengalami pertumbuhan yang cukup baik walaupun masih cukup fluktuatif di tahun 2018 dan memberikan tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis. Antara lain tidak diperkenankannya menggunakan Antibiotic Growth Promoter(AGP) dalam kegiatan budi daya unggas, sehingga berpengaruh pada produktivitas unggas dan biaya produksi. Disamping itu, tantangan lain industri perunggasan di tahun 2018 adalah terbatasnya produksi jagung lokal yang mengakibatkan tingginya harga jagung, beragam jenis penyakit unggas, serta upaya peningkatan konsumsi daging dan
telur yang belum melonjak secara signifikan.

Kinerja Positif Tahun 2018

Di tengah kondisi industri yang penuh tantangan tersebut, perusahaan perunggasan terintegrasi PT Sierad Produce Tbk (Perseroan) di bawah kepemimpinan Manajemen baru yang dipimpin oleh Bapak Tomy Wattemena Widjaja selaku Direktur Utama Perseroan berhasil membukukan kinerja yang baik sepanjang tahun 2018. Setelah di tahun 2017 mencatat rugi sebelum pajak Rp237 miliar, upaya turnaround yang dilakukan oleh Perseroan membuahkan laba sebelum pajak yang naik sangat signifukan sebesar Rp33,9 miliar di tahun 2018 dengan penjualan bersih mencapai 3,12% triliun, naik 27% atau Rp670 miliar dari Rp2,45 triliun pada tahun 2017. Membaiknya harga DOC (Day Old Chick/Ayam Umur Sehari) dan ayam hidup, kenaikan harga bahan baku pakan ternak yang dapat diimbangi dengan kenaikan harga jual pakan ternak, perputaran modal kerja lebih yang lebih baik serta implementasi capital expenditure yang lebih selektif menjadi landasan peningkatan kinerja Perseroan secara keseluruhan.

Seluruh segmen berkontribusi dalam kenaikan tersebut yaitu penjualan pakan ternak, ayam umur sehari, makanan olahan dan ayam potong dapat tumbuh secara
double digit. Lini bisnis pakan ternak memberikan kontribusi terbesar dengan pertumbuhan volume sebesar 41,31%.

Dari sisi operasional internal Perseroan

Dari sisi operasional internal Perseroan. berbagai peningkatan berhasiI diaktualisasikan. Upaya perbaikan kualitas produk, kualitas tim Sales, strategi pemasaran melalui pemilihan pelanggan yang selektif serta internalisasi budaya kinerja sebagai tim yang berorientasi pada hasil. Perseroan juga terus meningkatkan menerapan bio-security yang ketat dan konsisten melakukan perbaikan manajemen pemeliharaan ayam.

Perseroan menyadari bahwa pencapaian baik sepanjang tahun 2018 tidak terlepas dari Sumber Daya Manusia yang handal untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi dan pelayanan yang terbaik dalam memenuhi kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, Perseroan berkomitmen untuk terus mengembangkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, dan Iebih jauh Iagi berupaya menghasilkan tenaga-tenaga ahli di sektor peternakan terintegrasi.

Menjaga Momentum Pertumbuhan di tahun 2019.

Tahun 2019 Perseroan menargetkan pertumbuhan double digit di kisaran 20% di segala lini bisnis dan meningkatkan kualitas produk yang diharapkan dapat meningkatkan keseluruhan kinerja baik dalam hal finansial maupun operasional. Perseroan secara konsisten mempenahankan fasilitas operasional agar tetap baik, hal ini didukung dengan komitmen Perseroan menganggarkan biaya perbaikan dan pemeliharaan sesuai dengan kebutuhan.

Perseroan juga akan memaksimalkan utilisasi teknologi informasi. Salah satunya dengan meningkatkan kualitas farm dengan dukungan teknologi terkini. Upaya ini menjadi sangat krusial mengingat bahwa telah terjadi shifting industri besar-besaran dari metode konvensional ke digital. Disamping itu, tahun 2019 Perseroan juga akan melakukan double capital expenditure dari tahun 2018, meningkatkan sales dan marketing expenses, serta akan menambah jumlah karyawan khususnya tenaga penjualan.

Bertepatan dengan usaha memaksimalkan utilisasi teknologi informasi tersebut, pada hari ini, Kamis, menandatangani perjanjian kerjasama dengan perusahaan-perusahaan  dan institusi rekanan yaitu PT. XL Axiata TBK.Farm Result B.V dan HAS University Netherland untuk menerapkan konsep smart farming dalam Budi daya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi digital untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas.

Selain itu, program-program lain untuk menunjang pertumbuhan Perseroan di tahun 2019 adalah:

1. Kemitraaan dengan PT Wahyu Saluran Berkat (Wahyoo) yaitu perusahaan start up berbasis teknologi yang mempunyai anggota ribuan Mitra Warung yang tersebar di Jabotabek untuk membuka outlet penjualan ayam goreng di Mitra Warung Wahyoo

2. Meluncurkan SUPER DOC, yaitu peningkatan kualitas baru untuk bibit ayam pedaging yang didesain menghasilkan ayam dengan capaian potensi genetik secara maksimal dan melampaui harapan peternak yang menghadapi tingginya mortalitas setelah AGP tidak diperbolehkan Iagi oleh pemerintah.

3. Peluncuran kemasan baru produk makanan olahan beku Belfoods dengan mengusung tema Fun & Happiness sekaligus meluncurkan kemasan per 1 kali saji hanya dengan harga Rp 10.000,-

Rapat Umum Pemegang Saham 2019

PT Sierad Produce Tbk (Perseroan) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk Tahun Buku 2018 dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 9 Mei 2019 bertempat di Soehana Hall, The Energy Building. Jakarta.

RUPST menghasilkan beberapa keputusan penting diantaranya yaitu menerima Iaporan tahunan 2018, mengesahkan Iaporan keuangan tahun 2018. memberikan pembebasan sepenuhnya (acquit et de charge) kepada Direksi dan Komisaris atas segala tindakan pengurusan dan pengawasan yang dilaksanakan dalam tahun 2018, persetujuan penggunaan Iaba bersih perusahaan, serta menyetujui pengangkatan kembali Dewan Komisaris dan Direksi.

Selain itu di dalam acara RUPSLB agenda yang dibicarakan meliputi perubahan Pasal 3 Anggaran Dasar Perseroan mengenai Maksud dan Tujuan serta Kegiatan Usaha Perseroan sehubungan dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2018 tentang Pelayanan Perijinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (Online Single Submission l 088), yang mana Pemerintah mulai memberlakukan sistem OSS terkait dengan perizinan berusaha, dan berdasarkan instruksi dari Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia.

Susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan berdasarkan RUPST 9 Mei 2019

Dewan Komisaris:

- Antonius Joenoes Supit sebagai Komisaris Utama Independen

-Sri Lestari Anwar sebagai Komisaris;

- Setiawan Achmad sebagai Komisaris.


Direksi:

- Tomy Wattemena Widjaja sebagai Direktur Utama;

- Soh Ching Kher sebagai Wakil Direktur Utama Independen

- Sri Sumiyarsi sebagai Direktur;

- Wayan Sumantra sebagai Direktur.


SEKILAS PERSEROAN

PT Sierad Produce Tbk merupakan salah satu perusahaan perunggasan terintegrasi terbesar di Indonesia.

Didirikan pada tanggal 6 September 1985 dengan nama PT Betara Darma Export Import. Pencatatan saham perdana di Jakarta Stock Exchange pada tahun 1996 dan telah menjadi salah satu perusahaan peternakan unggas terpadu di negeri. Sierad Produce fokus pada inti kompetensinya, yaitu produksi pakan ternak, produksi anak ayam umur sehari ("DOC”), peternakan ayam komersial, contract growing, pemotongan ayam dan produksi makanan olahan dan produk ayam bernilai tambah. Visi Sierad Produce adalah mendaptakan timbal balik berkesinambungan yang dapat diterima oleh para pemegang saham dengan menjadi perusahaan peternakan unggas terpadu berbasis makanan terkemuka di Indonesia.

Entitas induk utama Perseroan adalah PT Gunung Sewu Kencana (GSK) yang di awal pendiriannya bergerak dalam bisnis perdagangan komoditas. Saat ini GSK telah tumbuh menjadi salah satu kelompok bisnis terdiversifikasi terkemuka di Indonesia, dengan tenaga kerja sekitar 30.000 profesional yang meliputi di bidang makanan, asuransi,  properti, manufaktur dan bisnis baru lainnya.

PT Great Giant Pineapple (GGP) merupakan entitas Induk Perseroan dengan kepemilikan saham Perseroan sebesar 86.17% yang saat ini mengoperasikan fasilitas nanas kalengan terintegrasi terbesar didunia, dengan perkebunan dan  pabriknya (termasuk drum dan produksi kaleng) di satu lokasi. lntegrasi ini memberi GGP keunggulan dalam kontrol kualitas dan keterlacakan produk, serta kelestarian lingkungan melalui sinergi dalam pengelolaan limbah.


Sierad Berkolaborasi Dengan PT XL Axiata Tbk, FarmResult B.V. dan HAS University Netherlands dalam Membangun Smart Poultry Farm 4.0

Budidaya ayam di tengah perubahan iklim (climate change), letupan penyakit (disease outbreaks) dan tuntutan konsumen yang semakin rumit merupakan tantangan besar bagi pelaku usaha dan peternak. Pengamanan biologis dan teknologi perkandangan yang konvensional tidak cukup untuk menjamin kinerja yang memuaskan. Perubahan situasi sangat cepat, sehingga seringkali tidak dapat diantisipasi dengan cepat.

Salah satu solusi dalam menghadapi tantangan tersebut adalah dengan menerapkan smart poultry farming. Smart poultry farming adalah konsep baru dalam budidaya dengan memanfaatkan kemajuan
teknologi informasi dan komunikasi digital untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas.

Dengan memadukan sensor, loT (Internet of Things), automasi dan smart system yang didukung oleh data analytic dan machine learning, smart poultry farming dapat meningkatkan kesejahteraan ternak karena pemantauan terhadap kebutuhan, kesehatan dan tingkah laku ternak menjadi lebih mudah.

Sebagai perusahaan industri ayam yang terintegrasi, PT Sierad Produce Tbk melihat smart poultry farming sebagai sebuah konsep yang bisa meningkatkan kinerja perusahaan, terutama dalam pemeliharaan ayam pedaging (broiler).

Sierad bekerja sama dengan PT XL Axiata Tbk dan FannResult B.V. untuk menerapkan konsep smart poultry farming. Selain itu, Sierad juga menggandeng HAS Universiy dari Belanda untuk berkolaborasi dalam penelitian tingkat lanjut mengenai smart farming.

PT XL Axiata Tbk sebagai salah satu perusahaan provider terbesar di Indonesia, akan berperan dalam mengadakan platform digital berbasis cloud (FlexloT Platform), integrasi loT, termasuk integrasi antara sensor dan automasi peralatan-peralatan di kandang ayam. Automasi peralatan di kandang akan bersifat presisi karena bekerja berdasarkan data dari sensor yang ditangkap secara real-time.

Dengan pengoperasian alat-alat di kandang yang presisi, kenyamanan ayam di kandang akan menjadi optimal dan dapat meningkatkan produktivitas.

FarmResult B.V. merupakan perusahaan yang berkedudukan di Belanda dan menyediakan platform sistem manajemen untuk broiler. Farm Result berperan untuk mengoptimalisasi proses pemeliharan dan operasional supply chain dengan menggabungkan data lingkungan reaI-time dan data supply chain melalui solusi cloud-based. Data real-time diperoleh dari sensor XL Axiata yang telah terintegrasi dengan loT dan akan menjadi bahan analisis bagi FarmResuIt untuk memberikan masukan dengan cepat dan real-time sehingga risiko-risiko yang mungkin terjadi dapat dimitigasi dengan tepat. Melalui konsep smart farming bersama XL Axiata, FarmResult B.V. dan HAS University diharapkan produktivitas temak dapat meningkat secara signifikan.

Sierad telah melakukan pilotproject di salah satu kandang ayam pedaging yang berlokasi di Banten. Pilot projectini bertujuan sebagai uji coba konsep dan menjadi langkah pertama yang sangat penting bagi Sierad menuju program peternakan yang lebih baik di masa mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes