partner

partner

Bakamla Gelar Bimtek Hukum Internasional Tentang Kamlamla



Jakarta, 30 Juli 2019 (Humas Bakamla RI/PR Indonesian Coast Guard), radarindonesia.com



Puluhan personel Bakamla RI/IDNCG yang berdinas di Jakarta mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Hukum Internasional di Bidang Keamanan dan Keselamatan Laut (Kamlamla) Tingkat Dasar yang akan berlangsung selama empat hari, di ruang rapat Rawamangun Bakamla RI Jl. Pemuda Kav. 52, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (30/7/2019). Plt. Deputi Informasi, Hukum dan Kerjasama Laksma Bakamla Dade Ruskandar, S.H., M.H., saat membuka Bimtek mengatakan, pelaksanaan penegakan hukum di laut tidak terlepas dari penerapan hukum internasional.


Oleh karena itu, personel Bakamla RI perlu mempunyai kemampuan dan pemahaman yang mendalam terhadap hukum internasional sebagai salah satu instrumen pelaksanaan tugas penegakan hukum di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia.



"Diharapkan melalui kegiatan Bimtek ini personel Bakamla RI memahami bagaimana implementasi hukum dan konvensi internasional itu diterapkan," kata Laksma Dade.


Disebutkannya pula bahwa untuk kegiatan yang sama di tingkat lanjut akan digelar pada bulan Oktober mendatang. Kegiatan mengundang beberapa pakar selaku narasumber, yaitu Guru Besar Universitas Indonesia Prof. Dr. Hasjim Djalal, membawakan materi tentang Peran Indonesia dalam Hukum Laut dan Tantangan Indonesia menjadi Poros Maritim.


Pakar Hukum Internasional Universitas Indonesia Dr.iur. Damos Dumoli Agusman, S.H., LL. M., memberikan materi mengenai Peran Hukum Internasional sebagai Sumber Hukum, Dasar-dasar Hukum Perjanjian Internasional dan Perjanjian Internasional terkait Pengaturan Laut. Lektor Kepala Universitas Indonesia Arie Afriansyah, S.H., MIL, Ph.D., yang memberikan materi mengenai Konsepsi Wilayah dalam Hukum Internasional, Zona Maritim dan Yuridiksi Negara, Hak dan Kewajiban Kapal Asing di Negara Lain, Hukum Internasional terkait Sumber Daya Hayati Laut dan Hukum Internasional terkait Sumber Daya Non Hayati Laut.



Pakar Hukum Internasional Universitas Indonesia Dr. Mas Ahmad Santosa yang memberikan materi mengenai Hukum Perikanan. Lektor Universitas Indonesia Andreas Pramudianto, S.H., M.Si., yang memberikan materi mengenai Hukum terkait Perlindungan Lingkungan Laut, dan Praktisi Hukum Laut Universitas Indonesia Gandjar Laksamana Bonaprapta, S.H., M.H., yang memberikan materi mengenai Hukum Pidana terkait Laut.


Hadir pejabat Bakamla RI/IDNCG Direktur Hukum Laksma Bakamla Eddy Rate Muis, S.H., M.H., selaku penanggung jawab Bimtek dan Kasubdit HI dan PUU Bakamla Letkol Bakamla Hudiansyah Ia Nursal, S.H., M.I.L.I.R selaku ketua panitia Bimtek.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes