partner

partner

Bakamla RI Dukung Aksi Menghadap Laut di Tiga Wilayah Zona Maritim




Jakarta, 19 Agustus 2019 (Humas Bakamla RI/PR Indonesian Coast Guard), radarind



Bakamla RI dari wilayah zona Barat hingga Timur mendukung aksi Gerakan Menghadap Laut 2.0, Minggu (18/8/2019). Tiga wilayah Zona Maritim turut ambil bagian dalam kegiatan ini, yaitu Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Aceh di wilayah Zona Maritim Barat, Kantor Kamla Zona Maritim Tengah di Manado, dan SPKKL Kupang di wilayah Zona Maritim Timur.


SPKKL Aceh, salah satu stasiun pemantauan Bakamla RI yang berada di wilayah Zona Maritim Barat, turut serta mendukung Gerakan Menghadap Laut yang diadakan di Pantai Ujong Batee, Aceh Besar. Seluruh personel SPKKL Aceh turut serta dalam aksi bersih pantai dan laut serta perayaan kelimpahan hasil laut Indonesia. Selain Bakamla Aceh, ikut andil pula unsur pemerintah Aceh, unsur Kementerian/Lembaga lainnya, unsur pemerintah Kabupaten/Kota, unsur lembaga pendidikan, unsur lembaga non pemerintah, media, dan lainnya, yang mencapai ratusan peserta.



Kegiatan meliputi kampanye “Ayo Makan Ikan”, aksi bersih pantai, dan menghadap laut diiringi do’a dan shalawat. Adapula sesi perlombaan dan Fun Games merayakan HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia. Sementara itu, Gerakan Menghadap Laut di wilayah Zona Maritim Tengah yang berlangsung di Pantai Tumumpa Manado, dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Bakamla RI Laksma Bakamla Drs. Bastomi Sanap, S.H., M.B.A, M.Hum.


Menurut Plt Kepala DKP Sulut Tienneka Adam, kegiatan ini dilaksanakan serentak disepanjang pesisir Indonesia. “Serentak di 74 lokasi di pesisir Indonesia, dan peserta yang terlibat sebanyak 74 ribu,” ujarnya. 


Harapannya, Gerakan Bersih Pantai dan Laut serentak di sepanjang pesisir di Provinsi Sulawesi Utara dapat membentuk terciptanya kebersamaan untuk membuktikan tekad dan komitmen untuk mendukung pembangunan daerah dan bangsa, antara lain menjaga kelestarian sumber daya hayati dan ekosistem laut serta mendukung pariwisata di Provinsi Sulawesi Utara.


Selain Bakamla RI Zona Maritim Tengah, kegiatan yang dirangkaikan dengan Aksi Bersih Pantai dan Laut serta Perayaan Kelimpahan Hasil Laut Indonesia ini melibatkan Lantamal VIII Manado serta 129 Komunitas.


Sedangkan di wilayah Zona Maritim Timur, keikutsertaan Bakamla RI dalam Gerakan Menghadap Laut diwakili oleh SPKKL Kupang. Acara dimulai dengan pelepasan penyelam yang melakukan pengibaran bendera bawah laut, diikuti dengan pelaksanaan Upacara Menghadap Laut.



Adapun pelaksanaan upacara diwarnai dengan simbolis penyerahan cleaningpack yang menandai pembukaan acara Gerakan Menghadap Laut. Selanjutnya acara dirangkaikan pula dengan kegiatan bersih pantai dan laut di sekitar Pantai Pasir Panjang Kota Kupang, bersamaan dengan acara seafood festival.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes