partner

partner

HUBUNGAN BILATERAL AUSTRALIA – INDONESIA PADA KULIAH UMUM PERWIRA MAHASISWA DIKREG SESKOAL 


Seskoal, 20 Agustus 2019,radarindonesia.com 



Menjalin hubungan yang sangat kuat, erat dan produktif antar dua negara yang mempunyai dua kepentingan yang sama merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk menjalin kerjasama bilateral antara Australia dengan Indonesia.



Seperti halnya materi Kuliah Umum yang disampaikan Atase Pertahanan Australia Brigjen Justin Roocke dan Atase Laut Australia Kolonel Mattew Brown kepada para Perwira Mahasiswa Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-57 TA.2019 bertempat di Kelas A Gedung R.E. Martadinata Seskoal Cipulir Jakarta, Selasa (20/8).


Australia dan Indonesia merupakan negara tetangga yang sama-sama mempunyai batas maritim yang terpanjang sehingga perlu diamankan dari ancaman, tantangan, hambatan gangguan dari negara lain. Dengan kawasan yang sangat dinamis, kedua-duanya ada kepentingan dalam kegiatan maritim, yaitu pergerakan perdagangan dan penanaman, serta melaksanakan operasi untuk mencegah terorisme dan penyelundupan manusia.



Atase Pertahanan Australia Brigjen Justin Roocke dan Atase Laut Australia Kolonel Mattew Brown dalam kunjungannya kali ini disambut hangat Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr.Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D., didampingi Wakil Komandan Seskoal Laksamana Pertama TNI Tatit Eko W., S.E., M.Tr (Han), Direktur Pendidikan (Dirdik) Seskoal Kolonel Laut (P) Imam Musani, S.E., M.Si., dengan beberapa pejabat utama Seskoal lainnya untuk memberikan pembekalan pada kuliah umum Perwira Mahasiswa Dikreg Seskoal Angkatan ke-57 TA.2019 tentang kebijakan luar negeri Australia dan Kebijakan Pertahanan Australia serta Hubungan bilateral Australia– Indonesia.

Lebih lanjut disampaikan dalam pemaparan materi kuliahnya bahwa Lingkungan kerjasama Internasional Militer/Pertahanan, akan mengutamakan kontra terorisme, keamanan maritim, penanggulangan bencana alam, operasi perdamaian serta intelijen yang melingkupi Latihan bersama, pendidikan dan pelatihan, pertukaran personel, dan kursus Bahasa Inggris yang akan menciptakan pendekatan berdasarkan kesepahaman.


Satu hal yang sangat penting dikatakan oleh Brigjen Justin Rooke tentang Papua yang menjadi kebijakan pemerintah Australia adalah sangat mendukung Papua merupakan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).



Dalam penerimaan mata kuliah kali ini, para Perwira Mahasiswa sangat antusias dengan dibuktikan banyaknya pertanyaan saat diskusi berlangsung. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan cindera mata dan foto bersama.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes