partner

partner

Masuknya Perusahaan Asing Ke Indonesia Yang Menguntungkan Indonesia 



Jakarta, radarindonesia.com


Banyaknya kritik-kritik pedas menyerang perusahaan asing di Indonesia, yang dikatakan telah merebut lahan pekerjaan dari industri dalam negri Indonesia.


Bila diteliti lebih dalam, terlihat bahwa perusahaan asing ini merupakan sumber pembangunan untuk negara berkembang seperti Indonesia.


 Keuntungan yang didapatkan industri domestik : Dengan diadakannya lapangan pelatihan, karena banyaknya perusahaan asing yang melatih karyawannya sebelum kerja lepas dilapangan. Selain itu standar kualitas, layanan dan kebersihan merupakan nilai yang terekat pada perusahaan-perusahaan asing ini. Seperti contoh dapat dilihat dari industri makanan cepat saji Mcdonald, dimana karyawan barunya harus mempelajari semua 25 posisi yang ada didalam kedai, dimulai dari kasir hingga ke koki. Dan pelatihan ini dilakukan dibawah wawasan kru pelatihan.


Fokus pertama perusahaan asing seperti Mcdonald mengadakan pelatihan dahulu untuk pengembangan kualitas kerja secara keseluruhan dan bukanlah keterampilan yang dimiliki masing-masing staf.


Selain lapangan pelatihan juga pentingnya mempromosikan ekspor. Setelah perusahaan asing merafitikasikan bahan baku dalam negeri apa yang akan digunakan cabangnya, maka perusahaan ini juga akan bekerjasama dengan produsen bahan baku ini untuk memungkinkan mereka mengeksport ke cabang perusahaan asing tersebut yang berada di negara lain.


Dengan memfasilitasi ekspor, secara tidak langsung perusahaan asing memaksa pemasok bahan baku untuk memenuhi standar dunia. Penjualan ke Mcdonald dapat disama artikan dengan mengekspor. Selain itu, dengan memenuhi standar dunia para pemasok bahan baku juga bisa mengekspor atas pihak mereka sendiri keberbagai pasar internasional. 


Pentingnya juga memajukan kewirausahaan setelah mengadakan pelatihan kerja, mempromosikan ekspor. Seperti Mcdonald ini telah mempromosikan pengembangan kewirausahaan di negara yang ditempatinya. 


Di dalam negara tempat dimana perusahaan asing itu beroperasi, maka perusahaan lokal akan berusaha meniru model-model tang telah diterapkan oleh perusahaan asing, dengan adanya modifikasi dibeberapa tempat.


Dimana intinya bahwa perusahaan asing memberikan inspirasi bagi para pengusaha domestik. Contohnya banyak terlihat industri makanan cepat saji domestik Indonesia yang meniru menu ayam goreng kfc maupun makanan cepat saji dari Korea.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes