partner

partner

TNI AL Launching 1 Unit Kapal PC-40M di Banten


TNI Angkatan Laut meluncurkan (Launching) 1 unit Kapal jenis PC-40 Meter yang diresmikan Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut (Aslog Kasal) Laksamana Muda TNI Moelyanto, di Halte Slipway PT Caputra Mitra Sejati, Cilegon, Banten, Rabu (21/8).
           
Aslog Kasal dalam sambutannya antara lain  mengatakan bahwa pembangunan PC-40 Meter memiliki makna yang sangat strategis bagi industri pertahanan nasional di mana hal ini telah dibuktikan oleh PT Caputra Mitra Sejati yang telah berhasil dan mampu diandalkan dalam pengembangan teknologi industri pertahanan bagi kepentingan nasional. Selain itu, keberhasilan ini merupakan salah satu solusi kongkrit bagi kebijakan industri pertahanan dari negara lain terkait dengan pengadaan Alutsista TNI AL.


 “Pembangunan Kapal ini juga merupakan manifestasi penting dari kebijakan dasar pembangunan TNI AL menuju kekuatan pokok minimum dan diharapkan dapat meningkatkan kekuatan dan kemampuan TNI AL dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai komponen utama pertahanan negara di laut”, kata Aslog Kasal.

Peluncuran Kapal jenis PC-40 Meter ini ini secara resmi ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Aslog Kasal, dan untuk pertama kalinya kapal ditarik winch slipway keluar dari Dock ke atas air dengan diiringi Mars TNI AL ”Jalesveva Jayamahe”.




Rangkaian seremonial pembangunan Kapal Perang meliputi First Steel Cutting, Keel Laying, Shipnaming, Launching, Delivery dan terakhir Pengukuhan KRI.


Kapal jenis PC-40 Meter memiliki panjang keseluruhan 45,5 meter, dengan lebar terbesar 7,9 meter dan tinggi tengah kapal 4,2 meter serta sarat air 1,8 meter . Adapun kecepatan maksimum 24 knot, dengan kecepatan jelajah 17 knot dan kecepatan ekonomis (patroli) 15 knot.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes