partner

partner

Biro Sarpras Bakamla RI/IDNCG Rekonsiliasi dan Inventarisasi BMN di Zona Maritim Tengah 



Manado, 6 September 2019 (Humas Bakamla RI/PR Indonesian Coast Guard), radarindonesia.com


Biro Sarana dan Prasarana Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) melakukan kegiatan rekonsiliasi dan inventarisasi Barang Milik Negara (BMN) jajaran Kantor Kamla Zona Maritim Tengah, di Manado, Jumat (6/9/2019).


Termasuk dalam jajaran Kantor Kamla Zona Maritim Tengah adalah Pangkalan Armada Zona Maritim Tengah, Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) Bali, SPKKL Tarakan, SPKKL Manembo-nembo, SPKKL Kema, Stasiun Bumi Bitung, KN Singa Laut 402, dan KN Gajah Laut 404.


Kegiatan diawali dengan melakukan rekonsiliasi atas aset BMN di bawah jajaran Kantor Kamla Zona Maritim Tengah, yang dibuka oleh Kepala Biro Sarana dan Prasarana Bakamla RI Laksma Bakamla Amrein, S.E. 


Sebelum pembekalan materi dimulai, Kasubbag Penatausahaan BMN Mayor Bakamla Vita Melia, S.T., M.T. memberikan pre-test kepada seluruh peserta. Materi pertama mengenai Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara (RKBMN) T.A. 2021.


Dalam hal ini, peserta bersama-sama memetakan kebutuhan pengadaan terkait tanah, gedung bangunan, dan sarana prasarana yang dibutuhkan dalam mendukung konsep operasi Bakamla RI di masa mendatang. Seluruh peserta juga melakukan pembaruan data inventarisasi aset BMN, agar memudahkan pemeriksaan fisik yang akan dilakukan nantinya.


Staf Penatausahaan BMN Lettu Bakamla Ardian Noverianto juga memberikan pelatihan dan simulasi aplikasi SIMAK BMN dan SIAP BMN. Dengan demikian, diharapkan pada tahun mendatang setiap unit di daerah memilki unit pembantu BMN, sehingga memudahkan untuk memonitor aset BMN Bakamla RI dari Markas Besar di Jakarta. 


Tidak hanya sampai disini, kegiatan juga dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik aset BMN yang terdapat di Kantor Kamla Zona Maritim Tengah, KN Gajah Laut 404, Pangkalan Armada Zona Maritim Tengah, Stasiun Bumi Bitung, dan SPKKL Manembo-nembo.


Hal ini sejalan dengan komitmen seluruh elemen personel Bakamla RI untuk mengoptimalkan kinerja Bakamla RI sebagai instansi yang mengemban fungsi Coast Guard. Salah satunya dengan melakukan tertib pendataan aset BMN yang dimiliki oleh Bakamla RI.


Rangkaian kegiatan ini turut dihadiri oleh jajaran pejabat Bakamla RI, antara lain Kasubdit Operasi Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Kolonel Bakamla Muharrom, Komandan Pangkalan Kolonel Bakamla Agus Izzudin, Komandan KN Singa Laut 402 Mayor Bakamla Capt. Hermawan Basori, S.ST., M.Mar., komandan KN Gajah Laut 404 Benie Hermawan, serta para Kepala SPKKL dan Stasiun Bumi di Zona Maritim Tengah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes