partner

partner

*Aksi UI Untuk Negeri Berikan Edukasi Fun Science Pada Korban Bencana* 



Depok (25/10), radarindonesia.com



Sekelompok mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam kegiatan sosial bertajuk Aksi UI untuk negeri berhasil mengadakan acara bertema Fun Science di Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten, Sabtu (5/10/2019).


Kegiatan yang terselenggara di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sumberjaya 1 ini mendapatkan penerimaan yang baik dari guru maupun siswa. Sambutan hangat dari dewan guru dan senyum ceria para siswa menghiasi sudut sekolah di pagi hari itu.


Agustino Zulys selaku Ketua Project Fun Science Aksi UI untuk Negeri menjelaskan tujuan dari kegiatan tersebut. "Kebetulan kita dapat semacam hibah dari hibah pengabdian masyarakat UI. Aksi UI untuk Negeri. Kita ingin membuat program seperti program PFA (Phsycological First Aid), pertolongan dari sisi psikologi untuk korban bencana. Bentuknya tapi bukan kegiatan psikologi melainkan fun science, ada proses pembelajaran yang menyenangkan," terang Agustino yang juga merupakan Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia.

Tentunya ada pertimbangan yang dilakukan dalam menentukan tempat penyelenggaran kegiatan. Hal ini dituturkan oleh Agustino bahwa pemilihan lokasi didasarkan atas informasi tentang daerah Sumur yang kurang dijangkau. "Saya mendapatkan informasi disini adalah wilayah yang saat itu cukup jauh, jadi kurang begitu terperhatikan.


Pertimbangannya, kalau disini belum ada yang masuk dan program seperti ini juga pun belum ada, sedang yang dari psikologi ada yang mengadakan untuk trauma healing. Jadi program yang seperti kita belum ada," ucap Agustino kepada awak media. Saat ditanya tentang perspektif adanya potensi terhadap peserta yang merupakan siswa kelas 1-6 SD, Agustino mengungkapkan adanya bakat diantara para siswa. "Saya melihat ada bakat. Kalau dia diberikan suatu fasilitas dan juga proses pembinaan yang tepat pasti muncul. Memang ini menjadi PR bagi dinas provinsi dan dinas daerah," tuturnya.



Riuh semangat peserta kegiatan terpancar dari keaktifan mereka selama melihat pertunjukkan fun science dari kakak-kakak mahasiswa. "Alhamdulillah walaupun memang dengan penuh perjuangan, anak-anaknya luar biasa aktif. Kami baru beberapa jam aja udah luar biasa ya menghadapinya, apalagi Ibu-Bapak yang sudah bertahun-tahun," ungkap Sela yang merupakan salah satu anggota dari Aksi UI untuk Negeri saat forum terakhir dengan dewan guru.


Ikman selaku Wakil Kepala Sekolah SD Sumberjaya 1 juga mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada para mahasiswa dan Dosen yang telah menyelenggarakan program tersebut. "Apapun yang dilakukan oleh kakak-kakak mahasiswa dan bapak dosen tentu sangat bermanfaat bagi kita. Karena setelah kemarin pasca terjadi bencana, kami terus terang sangat bersedih, karena menghilangkan rasa trauma itu kan butuh waktu yang tidak bisa diukur. Kami menghaturkan terimakasih yang setinggi-tingginya," ucap Ikman dalam sambutannya di Forum ramah tamah bersama dewan guru dan panitia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes