partner

partner

PERWIRA MAHASISWA DIKREG SESKOAL ANGKATAN KE-57 LAKSANAKAN UJIAN TESIS 



Seskoal, 14 Oktober 2019, radarindonesia.com 



Sebanyak 150 Perwira Mahasiswa Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-57 TA. 2019 melaksanakan ujian Tesis selama dua hari dari tanggal 14-15 Oktober 2019, yang dilaksanakan di ruang-ruang diskusi Gedung R.E. Marthadinata Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (14/10).


Tim penguji Perwira Mahasiswa Dikreg Seskoal Angkatan ke-57 TA. 2019 ini terdiri dari Dosen Seskoal, Dosen dari berbagai perguruan tinggi seperti Unhan, UI, ITB, IPB, ITS, Binus, dan STTAL serta termasuk para Pejabat TNI AL seperti Mabesal, Koarmada I dan II, Pushidrosal, Kolinlamil, Kormar, Pasmar, Puspomal, Lantamal, RSAL Mintoharjo, Ladokgi, serta institusi diluar Seskoal seperti Bakamla, Kemhan, KKP, BPIP, BSSN dan Babinkum TNI. Tesis para Perwira Mahasiswa tersebut dibagi dalam 5 bidang/kelompok yaitu Operasi, Strategi, Manajemen, Kejuangan dan Iptek.


Selanjutnya para Perwira Mahasiswa tersebut akan diuji oleh 3 Penguji dengan didampingi dosen Pembimbing 1 dan 2. Ujian Tesis merupakan salah satu salah satu rangkaian kegiatan dalam kurikulum dikreg Seskoal dimana tesis merupakan salah satu persyaratan untuk menentukan kelulusan Perwira Mahasiswa dalam menempuh Pendidikan Reguler dan Strata 2 (S2) Terapan, Program Studi Strategi Operasi Laut di Seskoal.



Para Perwira Mahasiswa diwajibkan membuat tugas akhir Tesis dengan melakukan penelitian yang diharapkan mampu menghasilkan sesuatu konsep atau gagasan baru yang ilmiah dan original yaitu mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang penting untuk diteliti, menganalisa data sampai merumuskan temuan penelitian, membahas temuan penelitian dengan konsep-konsep dan isu-isu penting serta menarik kesimpulan dan memberikan rekomendasi.


Ada 3 kriteria yang diujikan dalam ujian Tesis ini yaitu Materi yang berisi tentang struktur pengorganisasian naskah, keoriginalan naskah, kedalaman dan ketajaman tesis, keterkaitan antara judul, masalah/fokus, hipotesis, kajian pustaka, pembahasan, kesimpulan dan saran serta kegunaan dan kemutakhiran tesis.


Kriteria kedua adalah paparan mulai dari penampilan pribadi, penguasaan materi dalam penyajian dan efektivitas penyajian. Dan kriteria ketiga adalah Pendalaman tentang penguasaan materi,obyektifitas dalam menanggapi pertanyaan dan mempertahankan pendapat.


Pada kesempatan itu pula, Departemen Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Depiptek) Seskoal memberikan Angket Nominasi Tesis Terbaik Perwira Mahasiswa kepada para penguji selain pemberian nilai dimana pemilihan tesis terbaik merupakan kegiatan rutin dalam penyelenggaraan pendidikan di Seskoal.


Adapun kriteria/ pedoman yang digunakan dalam penilaian tesis terbaik tersebut antara lain : Keterbaruan dari ide penelitian/penyusunan (novelty); Tingkat kemanfaatan bagi organisasi di lingkungan TNI AL, TNI, Nasional, Regional atau Global ; Tingkat aplikatif dari pembahasan yang dilakukan ; Tingkat Urgensi permasalahan yang dibahas ; Tingkat Kompleksitas referensi pendukung ; Kerapian naskah dan sistematika pembahasan ; dan Aspek lain yang merupakan nilai tambah secara keilmuan. Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian , S.T., M.Sc., DESD., didampingi Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Tatit Eko W., S.E. M.Tr (Han) juga terlibat sebagai Dosen Pembimbing dan sekaligus penguji pada kegiatan ujian tesis Perwira Mahasiswa Dikreg Seskoal Angkatan ke-57 TA. 2019.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes