partner

partner

BWI Gelar Forum Kajian Wakaf, Sistem Penjaminan Investasi Wakaf



Jakarta, radarindonesia.com



Bertempat di Gedung Bayt Al-Quran TMII, Badan Wakaf Indonesia (BWI) menggelar kegiatan Forum Kajian Wakaf dengan tema "Sistem Penjaminan Investasi Wakaf" dengan menampilkan pembicara dari Lembaga Pembiayaan Syariah.

Ket Pelaksana Forum Kajian Wakaf, dengan tema Sistem Penjamin Investasi Wakaf, Zakari Arsyad badan kerjasama BWI, menjelaskan dengan tema ini untuk mengembangkan wakaf sesuai tradisi yang Mulia, gerakan positif dan bermanfaat bagi Umat, paparnya.

Dr Mohammad Lutfi mewakili Ketua BWI dalam sambutannya menegaskan kerjasama investasi ini akan terus dikembangkan dan perlu pemikiran bersama tentang investasi wakaf, ini sejalan orientasi untuk meletakkan ekonomi Syariah dalam meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian umat, paparnya.

Dalam paparan terungkap telah ada trend peningkatan Wakaf Uang hingga 30% pertahun, upaya menjaga aset juga menjadi keharusan.

Cristina atau yang biasa disapa Uli, mewakili Bank Muamalad dalam tema paparan "Model Pembiayaan untuk Philantrophy Islam", menjelaskan bahwa banyak model pembiayaan Philantrophy Islam, perlu inisiasi target, market, RAC, Negatif List, dimana analisa pembiayaan harus ada analisa kwantitatif dan kwalitatif, kemudian siapa penilaian kelayakan dan didukung aspek legalitas, karena perbankkan sangat memperhatikan legalitasnya.

Dalam proses pembiayaan dan pencairan juga akan dilihat proses pengelolaannya, Bank Muamalat juga punya talangan wakaf untuk membangun asset wakaf, untuk pembiayaan juga akan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan, misalkan pembangunan rumah sakit maupun pembelian alat kesehatan, kita akan lakukan analisa dan membantu studi kelayakan usaha tersebut, paparnya.

Supardi Najamudin PT Jaminan Pembiayaan ASKRINDO Syariah, dimana lebih dititikberarkan pada akad penjaminan, sehingga lebih memberikan pengamanan baik penjamin maupun terjamin dan penerima jaminan. Jadi PT Jaminan Pembiayaan ASKRINDO Syariah membackup pembiayaan syariah, dan penjaminan mulai dari produk konsumtif hingga Kredit Kepemilikan Rumah, paparnya.

Sarmidi Husna Sekretaris BWI, sistem dalam paparannya dengan tema Penjaminan investasi wakaf dalam perspektif Fiqih.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes