partner

partner

WAKASAL PIMPIN PENUTUPAN PENDIDIKAN REGULER SESKOAL ANGKATAN KE-57 TA 2019 



Seskoal, 14 November 2019, radarindonesia.com




Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) pada Penutupan Pendidikan Reguler Seskoal Angkatan Ke-57 TP 2019, bertempat di Auditorium Jos Soedarso, Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Kamis (14/11). 



Sebelum penutupan pendidikan dilaksanakan Sidang Senat Terbuka Wisuda Pascasarjana Magister Terapan Program Strategi Operasi Laut ke-5 yang dipimpin Komandan Kodiklatal Laksamana Muda TNI Dedy Yulianto, S.H selaku Direktur Politeknik AL dan Pimpinan Senat Akademik Seskoal Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., selaku Direktur Magister Terapan Angkatan Laut.



Pendidikan Reguler Seskoal berlangsung selama lebih kurang 11 bulan atau 44 minggu, diikuti 150 Perwira Menengah pilihan dari seluruh Indonesia dan negara sahabat terdiri dari 138 Perwira Menengah TNI AL, 2 Perwira Menengah masing-masing dari TNI AD dan TNI AU serta 8 Perwira Menengah negara sahabat (Singapura, Jepang, India, Republik Korea, Malaysia, Pakistan, Australia, Thailand) dengan gelar kelulusan Magister Terapan Operasi Laut (M.Tr.Opsla).


Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M pada sambutan yang dibacakan Wakasal mengatakan bahwa Upacara Penutupan Pendidikan (Tupdik) ini merupakan keberhasilan Seskoal sebagai Lembaga Pendidikan Tertinggi Matra Laut dalam melaksanakantugas dan tanggung jawab dalam pendidikan serta membekali para perwira menengah terpilih yang disiapkan sebagai calon-calon pemimpin TNI/TNI AL masa depan yang memiliki kemampuan kualitas profesionalisme serta memiliki karakter kepemimpinan. “Perwira Menengah lulusan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut adalah investasi besar pada profesionalisme sumber daya manusia yang menjadi syarat mutlak tangguhnya pertahanan Negara” ujar Kasal.



Setelah melewati pendidikan di Seskoal, Kasal berharap agar cara berfikir dan bertindak harus berorientasi terhadap cakrawala pandang yang semakin luas memiliki kemampuan analisis yang semakin tajam serta inovatis serta memiliki inisiatif yang kuat agar manfaat tersebut dapat menghasilkan prestasi kerja bagi satuan khususnya Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL).


Sementara itu,pada kesempatan yang sama Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., mengatakan Program Magister Terapan untuk Program Studi Strategi Operasi Laut yang dimulai sejak tahun 2015 yang sampai sekarang sudah semakin diterima kurikulumnya baik pada level Nasional maupun level Internasional. “Sebagaimana kita ketahui, pada tahun 2018, Seskoal sudah berhasil mendapatkan Akreditasi Nasional “B” dan tahun ini kami berencana untuk reakreditasi “A”.



Tahun depan kita akan melaksanakan akreditasi Internasional, yang nanti lulusan dari Perwira Siswa tersebut akan diterima dan diakui oleh militer seluruh dunia yang setara pendidikannya dalam pendidikan tinggi, sehingga lulusan Seskoal ini mampu menjabat sebagai commander task force yang tergabung dalam misi – misi Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) maupun juga operasi-operasi perdamaian dunia lainnya,” jelas Danseskoal. 


Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan juga penganugerahan dan penyerahan piagam penghargaan yakni Piagam Dharma Wiratama Paripurna dengan akumulasi nilai akhir pendidikan tertinggi dalam proses belajar mengajar diberikan kepada Mayor Laut (P) Abdiyan Saiful Hidayat, S.E., M.Tr.Opsla., Piagam Dharma Wiratama Widya Wacana yang memiliki Tesis Terbaik diberikan kepada Mayor Laut (P) Novyan, S.H., M.Tr.Opsla., dan Piagam Dharma Wiratama Sumengkar diberikan kepada Major Leong Mingjie, M.Tr.Opsla., sebagai lulusan terbaik dari negara sahabat Singapura.



Pada kesempatan tersebut pula, usai pelaksanaan siding senat terbua wisuda Pascasarjana Magister Terapan Program Strategi Operasi Laut ke-5 Danseskoal selaku Direktur Magister Terapan AL meluncurkan buku publikasi Seskoal Press sekaligus dalam rangka Dies Natalis Seskoal ke-57 Tahun 2019. Buku sebanyak 197 halaman dengan judul “Indonesia Navy, Global Maritime Fulcrum and Asean” secara perdana langsung diberikan kepala Wakasal Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto. Buku tersebut menggunakan system dua bahasa atau bilingual Bahasa Inggris dan Indonesia yang juga dapat diakses secara online.



Turut hadir pada Upacara Penutupan Dikreg Angkatan ke-57 TA 2019 sekaligus Dies Natalis Seskoal ke-57 antara lain Pangkogabwilhan I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, para pejabat Utama Mabesal, para Pangkotama TNI AL, para Komandan Sesko Angkatan, para Kepala Dinas di jajaran Mabesal, para Atase Pertahanan Negara Sahabat, Rektor Perguruan Tinggi Mitra Seskoal (UNHAN, ITS, UNJ, UI, IPB, ITB, UGM dan UNDIP), para Pejabat Kemenristekdikti, para Pejabat BAN-PT, para Pejabat Utama Seskoal serta pengurus Pusat Jalasenastri dan undangan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes