partner

partner

Zona Maritim Timur Gelar Bimtek Hukum Internasional di Bidang Keamanan dan Keselamatan Laut



Ambon, Rabu 1 Januari 2019 (Humas Bakamla RI/PR Indonesian Coast Guard), radarindonesia.com




Para ABK KN Kuda Laut-403 dan KN Ular Laut-405 mengikuti Bimbingan Teknis Hukum Internasional di Bidang Keamanan dan Keselamatan Laut di ruang rapat Kantor Zona Maritim Timur Jl. Ina Tuni No. 1, Ambon, kemarin.


 Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur Laksma Bakamla Arif Sumartono, S. Sos., M. Si(Han) saat membuka Bimtek mengatakan pelaksanaan penegakan hukum di laut tidak dapat terlepas dari penerapan hukum internasional. Oleh karena itu, pengawak kapal perlu mempunyai kemampuan dan pemahaman terhadap hukum internasional sebagai salah satu instrumen pelaksanaan tugas penegakan hukum di wilayah perairan zona maritim timur.


Dikatakan pula, para pengawak kapal merupakan garda terdepan dalam penegakan hukum yang harus memiliki skill dan knowledge yang kompeten. Selain itu, dituntut memiliki pengetahuan tentang sejarah, aturan, hak dan kewajiban negara dalam mengelola laut. "Diharapkan melalui kegiatan Bimtek ini ABK memahami aturan hukum di laut sesuai aturan yang terkandung didalam UNCLOS dan bagaimana implementasi hukum dan konvensi internasional itu diterapkan," kata Laksma Sumartono.



Materi diberikan oleh Kasubbid Hukum Zona Timur Mayor Bakamla Anton Hilman Fatoni dengan materi tentang Peran Hukum Internasinal dan Komandan KN Kuda Laut-403 merangkap KN Ular Laut-405 Letkol Bakamla Umar Dani dengan materi tentang batas-batas laut Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes