partner

partner

 DANSESKOAL IKUTI ACARA INTERNALISASI PENATARAN PANCASILA BAGI PRAJURIT TNI AL DI MABESAL 



Seskoal, 29 Juli 2020, radarindonesia.com 


Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., didampingi Sekertaris Lembaga (Seklem) Seskoal Kolonel Laut (P) Apriyani, S.H., M.M., M.Si (Han)., CHRMP., mengikuti acara Internalisasi Penataran Pancasila bagi Prajurit dan PNS TNI AL Tahun 2020, yang dibuka Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., bertempat di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (29/7). 



Kegiatan yang mengangkat tema “Dilandasi Nilai-nilai Pancasila Kita Bangun SDM Unggul Prajurit Matra Laut” diikuti secara Video Conference oleh 12 Satuan Kerja TNI Angkatan Laut di Indonesia dengan jumlah sekitar 540 Personil Prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut termasuk perwakilan prajurit Seskoal. 


Dalam sambutannya, Kasal menyampaikan bahwa perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara akhir-akhir ini ada stagnasi bahkan penurunan pemahaman bahkan sikap dan tingkah laku yang tidak lagi mencerminkan pribadi bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila. Peristiwa yang melibatkan massa baik di dunia nyata maupun media sosial menggambarkan betapa kemerosotan nilai Pancasila di tengah-tengah masyarakat yang memasuki masa kritis yang perlu mendapatkan perhatian segera. 


Lebih lanjut dikatakan Kasal, hal ini disinyalir sebagai akibat dari perkembangan lingkungan strategis nasional dimana era keterbukaan yang sangat pesat didorong dengan kemajuan teknologi informasi dan revolusi industri, yang berakibat pada masuknya ideologi-ideologi asing yang mencemari pemahaman Pancasila oleh rakyat Indonesia. 


“Era perang modern, perang non-konvensional akan menjadi centre of gravity yang baru, salah satunya proxy war melalui perang pemikiran ideologi dan sosial budaya yang berusaha mengalihkan rakyat dari kepribadian bangsa yang berdasarkan kepada Ideologi Pancasila. 


Sebagai insan pertahanan dan prajurit yang Pancasilais harus segera bertindak membentengi Pancasila dari serangan peperangan model baru ini”, ungkap Kasal. 


Mengakhiri sambutannya, Kasal mengatakan harapannya agar kegiatan Internalisasi Pancasila ini dapat menjadi kegiatan yang berkelanjutan yang tidak hanya di tingkat Mabes namun hingga level satuan bawah guna mendapatkan manfaat yang paling optimal dalam upaya untuk menguatkan kembali nilai-nilai Ideologi Pancasila di tengah prajurit dan juga masyarakat Indonesia. 


Acara dilanjutkan dengan Penataran Pancasila dengan menghadirkan Narasumber Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Drs. K.H. Yudian Wahyudi, B.A., M.A., Ph.D., didampungi Sekertaris Utama (Sestama) BPIP Dr. Drs. Karjono, S.H., M.Hum., menyampaikan materi pembahasan tentang Pancasila yang diawali dari sejarah pembentukan BPUPK dan pembahasan Pancasila dalam sidangnya baik di Sidang BPUPK maupun di sidang PPKI serta materi tentang Filsafat Pancasila dan peran BPIP dan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes