partner

partner

POK OPM KEMBALI MENYERAHKAN DIRI UTK BERGABUNG KE NKRI



Satgas Pamtas Mobile YPR 305/TKR pada hari Senin, 13.15 WIT 31 AGUSTUS 2020 perihal penyerahan diri 4 orang Pok Militan Purom Okiman Wenda (POW) beserta 6 orang simpatisannya kepada Satgas Pamtas Mobile YPR 305/TKR di Lany Jaya Kompleks. 


Kronologis Pada Selasa, pkl 17.00 WIT 25 AGUSTUS 2020 Satgas Pamtas Mobile YPR 305/TKR melaksanakan Ambush, Dpp Sertu Timor perihal adanya sekelompok orang yg mencurigakan sedang melaksanakan berkebun di sekitar hutan Yalo pd CO 54M 212402 9559668. 


Kemudian segera melaporkan hal tersebut kepada Dansatgas Pamtas Mobile YPR 305/TKR Mayor Inf Fajar Akhirudin dan berkoordinasi dgn Pasi Intel Satgas Lettu Inf Refan. 


Dansatgas memerintahkan untuk mendalami dan mengawasi kegiatan sekelompok orang tsb melalui pelaksanaan Ambush. 2. Pada Rabu, 26 Agustus 2020 Pkl 16.00 WIT dilaksanakan koordinasi dgn Kepala Desa Yalo a.n Daipen Wenda berkaitan dgn keberadaan sekelompok orang yg mencurigakan sedang melaks berkebun di hutan Yalo., Pkl 17.00 WIT satgas dgn kepala desa mengecek tempat tinggal/honai sekelompok orang mencurigakan tsb dan dijumpai berjumlah tujuh orang. 


Dari hasil elisitasi dgn ketujuh orang tsb didapatkan informasi bahwa mereka adalah masyarakat Kp Tima dan merupakan anggota OPM Pok Militan POW yg pernah mengikuti pelatihan militer di Soemalo, a.n Join Tabuni, Bakar Wenda, Leis Tabuni, Telia Wenda, Wiro Wenda, Kondis Tabuni dan Nendiles Wenda. 



Mereka juga memberikan informasi bahwa masih ada teman mereka yg berjumlah tiga orang saat ini bersembunyi di sekitar hutan Balipura. Selanjutnya satgas menjelaskan jika mereka menyerahkan diri kpd Satgas Pamtas Mobile 305/TKR dan kembali kpd NKRI serta berjanji tdk akan kembali ikut dlm OPM maka mereka tdk akan terus dicari oleh Satgas Pamtas Mobile YPR 305/TKR dan akan diterima oleh masyarakat di Kampung mereka masing-masing. 


Kemudian ketujuh orang tersebut menyetujui utk mengikuti arahan dari satgas guna kembali kepada NKRI. d. Pkl 20.00 WIT satgas Pamtas Mobile Yonif PR 305/Tengkorak. mengeluarkan tim untuk melaksanakan Patkam dan Ambush di sekitaran hutan Balipura pd CO 54M 210365 9557533. 3. Pada Kamis, 27 Agustus 2020 Pkl 22.00 WIT satgas melaksanakan Patkam dan Ambush ke seputaran hutan Balipura pd CO 54M 210365 9557533. 



Pada Jumat, 28 Agustus 2020 kegiatan yg dilaksanakan: 

a. Pkl 11.00 WIT, satgas melihat tiga orang yg mencurigakan sedang berkebun di seputaran hutan Balipura, Dansatgas memerintahkan untuk mendalami dan mengawasi kegiatan tiga orang tersebut. 

b. Pkl 14.00 WIT satgas melaksanakan koordinasi dgn aparat Desa Balipura berkaitan dgn keberadaan tiga orang yg mencurigakan sedang melaksanakan berkebun di hutan Balipura. Pkl 17.00 WIT melaksanakan koordinasi dgn Kepala Desa Balipura a.n Penggawat Wenda dan merapat ke TKP utk melaksanakan elisitasi terhadap ketiga orang tsb. 


Dari hasil elisitasi dgn ketiga orang tsb didapatkan informasi bahwa mereka adalah warga Kp. Timonikime dan merupakan anggota OPM Pok Militan POW yg pernah mengikuti pelatihan militer di Soemalo a.n Tabenak Wenda, Dekin Wenda, Kuku Tabuni. 


Selanjutnya satgas menjelaskan jika mereka menyerahkan diri kpd Satgas Pamtas Mobile 305/TKR dan kembali kpd NKRI serta berjanji tdk akan kembali ikut dlm OPM maka mereka tdk akan terus dicari oleh Satgas Pamtas Mobile YPR 305/TKR dan akan diterima oleh masyarakat di Kampung mereka. 



Kemudian ketiga orang tersebut menyetujui utk kembali kepada NKRI. Pkl 20.00 WIT, satgas melaporkan kepada Dansatgas Pamtas Mobile Yonif PR 305/Tengkorak. 


Pkl 22.00 WIT Dansatgas bersama Timsus YPR 305/TKR bergerak dari Kotis Tiom merapat ke Titik Kuat Balingga dan dilanjutkan menuju Pos Tima. 5. Pada Sabtu, 29 Agustus 2020 Pkl 09.00 WIT Dansatgas YPR 305/TKR memimpin briefing perihal rencana penurunan terhadap sepuluh orang anggota OPM Pok Militan POW yg akan dilaksanakan secara serentak pada dua tempat yg berbeda yaitu Kp. Tima dan Kp. Timonikime. b. Pkl 13.00 WIT melaksanakan elisitasi di dua tempat yaitu terhadap tujuh orang anggota OPM Pok Militan POW di Pos Tima dan tiga orang lainnya di Kp. Timonikime. 



Hasil elisitasi dari sepuluh orang tersebut empat diantaranya adalah DPO a.n Tabenak Wenda, Join Tabuni, Dekin Wenda dan Bakar Wenda. Enam orang lainnya adalah simpatisan OPM a.n Leis Tabuni , Telia Wenda, Kuku Tabuni , Wiro Wenda , Kondis Tabuni, Nendiles Wenda. 


Pada Minggu, 30 AGUSTUS 2020 pkl 10. 00 WIT satgas mengumpulkan masyarakat di Kp. Tima dan masyarakat di Kp. Timonikime terkait dengan rencana acara penyerahan diri anggota OPM Pok Militan POW yg akan dilaksanakan pada hari Senin 31 Agustus 2020 di kedua kampung tsb. Pada Senin, 31 Agustus 2020 Pukul 07.00 WIT satgas Pamtas Mobile YPR 305 menerima penyerahan diri ketujuh org anggota OPM Pok Militan POW kpd Dansatgas Pamtas Mobile YPR 305/TKR dan penyerahan diri ketiga org anggota OPM Pok Militan POW kpd Satgas Pamtas Mobile YPR 305/TKR Pukul 13.15 WIT Dansatgas YPR 305/TKR memimpin acara penyerahan diri ketujuh anggota OPM tsb kpd Satgas Pamtas Mobile 305/TKR. 


Acara penyerahan diri diantaranya adalah pengucapan ikrar penyerahan diri untuk kembali dan setia kpd NKRI yg diucapkan ketujuh orang anggota OPM tsb didepan anggota satgas dan warga Kp Tima. Dilanjutkan penyerahan bendera Merah Putih dari Dansatgas Pamtas Mobile YPR 305/TKR kepada ketujuh org anggota OPM Pok Militan POW, penandatanganan surat pernyataan keluar dari OPM, kembali dan setia kpd NKRI. 



Pada saat yg bersamaan juga dilakukan rangkaian acara penurunan ketiga orang anggota OPM Pok Militan POW di Kp. Timonikime yg dipimpin Dantim satgas Pukul 14.00 WIT acara penyerahan diri selesai dalam keadaan aman. Pukul 16.00 WIT Dansatgas YPR 305/TKR mengambil briefing akhir di Pos Tima terkait acara penyerahan diri sepuluh orang anggota OPM Pok Militan POW. 



Catatan : 

1. Pada acara penyerahan diri tsb diserahkan juga barang bukti berupa 1 buah HT Werwei , 1 buah cas HT Motorolla dan 1 buah rompi serbu yg pernah digunakan pada saat mereka masih tergabung OPM Pok Militan POW. 

2. Kesepuluh org tsb mengakui pernah bergabung dalam OPM Pok Militan POW dan mereka pernah mengikuti pelatihan militer di Markas OPM Soemalo serta mereka juga terlibat dalam dinas jaga pos di Markas OPM Soemalo. Kesepuluh orang tsb juga mengakui bergabung dalam OPM karena diancam oleh POW dan dijanjikan akan memperoleh kehidupan yg lebih baik. 

3. Titik Kuat Balingga akan terus melaksanakan penggalangan kpd DPO yg telah menyerahkan diri agar dapat mengajak tokoh2 OPM lain untuk turun dengan membawa persenjataan dan perlengkapannya guna kembali setia kpd NKRI. 

4. Masyarakat Distrik Balingga dan sekitarnya merasa nyaman dan aman krn dengan hadirnya Satgas Pamtas Mobile YPR 305/TKR di Distrik Balingga, tdk pernah lagi ada gangguan dan pemerasan yg dilakukan OPM kpd masyarakat Balingga.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes