partner

partner

SERANGKAIAN KEGIATAN DALAM RANGKA MENYAMBUT HUT PMI KE - 75 TAHUN, PROPINSI PAPUA & PMI KABUPATEN KEEROM




KEEROM – 10 September 2020, radarindonesia.com 



Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Papua dan PMI Kabupaten Keerom, menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT PMI ke-75 tahun 2020 ini atau tepatnya tanggal 17 September 2020 mendatang. 


Namun demikian serangkaian kegiatan pendahuluan telah dilakukan sejak kemarin hingga puncak acara di Jayapura pada tanggal 17 September mendatang. 



Serangkaian kegiatan yang telah dilakukan kemarin diantaranya melibatkan Ketua PMI Provinsi Papua, Ny. Yolanda Tinal, Ketua Harian PMI Papua, Zakeus Degey, Ketua PMI Kabupaten Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP, dan jajarannya masing-masing. 


Kegiatan yang digelar di Keerom ini terbagi di dua tempat, yaitu di Kampung Sanggaria Arso I yang dipimpin NY. Yolanda Tinal. 


Sedangkang kegiatan di Kampung Terluar NKRI di kampung perbatasan RI – PNG yaitu di Kampung Skofro dan Dusun Nyau Sangke dipimpin oleh Ketua PMI Keerom, Piter Gusbager, SHut, MUP dan ketua Harian PMI Papua, Zakeus Degey. 



Pada kegiatan tersebut, PMI Papua dan PMI Keerom memberikan bantuan berupa bahan makanan, family kit, peralatan dapur, masker dan lainnya. Turut hadir pada kegiatan tersebut pejabat setempat diantaranya Kadistrik Arso Barat di Sanggaria, dan Kadistrik Arso Timur di Skofro dan Nyau Sangke. 


Ketua PMI Papua, Ny. Yolanda Tinal pada kesempatan tersebut mengemukakan bahwa kunjungan ke Pos Yandu Kampung Sanggaria adalah untuk melihat secara langsung kegiatan pos yandu. Selain itu ia mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk tetap dan terus mengikuti protocol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19. 


‘’Jangan lupa memperhatikan pola makan dan gizi anak yang ada dalam kandungan maupun balitanya, agar imun tubuh kuat dan terhindar dari segala macam penyakit dan wabah Covid-19,’’ ujarnya. 


Sementara di kesempatan terpisah, Ketua PMI Keerom, di dusun Nyau Sangke mengemukakan bahwa tujuan kunjungan ke kampung terluar perbatasan RI-PNG tersebut untuk melihat dan menyapa langsung masyarakat di perbatasan serta memberikan dukungan moral dan bantuan bama, dll. 


‘’Prinsipnya PMI dalam tugas kepalangmerahan diantaranya tugas kemanusiaan, kebencanaan dan penangangan emergency dan sesuai amanat UU berkewajiban untuk mendukung kegiatan kepalangmerahan di Keerom maka kita lakukan serangkaian ini,’’ujarnya. Tak lupa ia mengingatkan agar masyarakat terus disiplin dalam menjalankan protocol Covid-19. 



‘’Karena saat ini tren covid di Indonesia masih flet atau bahkan naik, karena ditemukannya beberapa cluster baru di perkantoran dan lainnya,’’ujarnya. Ditambahkan bahwa, PMI selain tugas kepalangmerahan dalam visinya sesuai amanat UU adalah membantu mempertahankan kedaulatan NKRI. 


‘’Apalagi masyarakat di daerah perbatasan, kita ingatkan mereka untuk tetap memiliki rasa nasionalisme yang tinggi serta tetap cinta NKRI meski dalam situasi sulit sekalipun,’’pesannya. 



Sedangkan Ketua Harian PMI Papua, Zakeus Degey, menjelaskan serangkaian kegiatan ini akan berlangsung hingga puncak acara HUT PMI ke-75 melalui kegiatan donor darah massal di Hotel Mercure Jayapura. 


‘’Kita tahu di masa pandemic Covid-19 kebutuhan darah sangat tinggi, serta terjadi kelangkaan stok darah, maka kegiatan donor darah ini diharap bisa menjawab kebutuhan tersebut,’’ pungkasnya. (arief)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes