partner

partner

UJIAN TESIS PASIS DIKREG SESKOAL ANGKATAN KE-58 TA.2020 


Seskoal, 07 Oktober 2020, radarindonesia.com 


Memasuki minggu ke-39, sejak hari Selasa tanggal 6 Oktober 2020 Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-58 TA. 2020 melaksanakan Ujian Tesis melalui daring online maupun langsung dari tim penguji bertempat di Kelas A, Kelas B dan ruang-ruang diskusi Gedung R.E Martadinata Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Rabu (07/10). 


Ujian tesis yang diikuti 175 Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA.2020 berlangsung selama dua hari dihadapan tim penguji dari Dosen Seskoal, Dosen dari berbagai perguruan tinggi seperti Unhan, UI, ITB, IPB, ITS, dan Binus serta para pejabat TNI AL seperti Mabesal, Koarmada I, Pushidrosal, Kolinlamil, Kormar, Pasmar, Puspomal, Lantamal, Ladokgi, dan pejabat Polri serta instusi diluar Seskoal seperti Mabes TNI, Bakamla, Kemhan, KKP, BPIP, BSSN dan Babinkum TNI. Dalam ujian tesis tersebut, para Pasis mempresentasikan tesisnya dihadapan 2 dosen pembimbing dan 3 dosen Penguji. 


Sidang tesis berlangsung selama kurang lebih 60 menit yang terbagi menjadi 3 sesi yaitu sesi pertama sidang tesis diisi dengan pemaparan naskah. Sesi kedua diisi dengan Tanya jawab tim penguji dan sesi ketiga diisi dengan penilaian dan sidang penentuan keputusan. Para dosen pembimbing dan dosen penguji diakhir ujian tesis akan memberikan masukan terhadap tesis pasis tersebut untuk diadakan perbaikan bila ditemukan kekurangan-kekurangan. 


Tesis ini kemudian akan dikumpulkan kembali sebelum pelaksanakan penutupan pendidikan yang direncanakan akan dilaksanakan awal bulan November 2020 mendatang. Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han) berkesempatan meninjau langsung pelaksanaan ujian tesis Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-58 TA.2020 sambil memantau pelaksanaan protokol kesehatan. 


Kadepiptek Seskoal Kolonel Laut (T) Ferdy Hendarto Susilo, S.T., M.T selaku penanggung jawab pelaksanaan ujian tesis Pasis Dikreg Seskoal tersebut menjelaskan bahwa Ujian Tesis bagi Pasis Dikreg Seskoal ini merupakan salah satu persyaratan untuk kelulusan Pasis Dikreg Seskoal guna mendapatkan gelar Strata 2 (S2) Terapan Program Studi Strategi Operasi Laut (M.Tr.Opsla) diakhir Pendidikan di Seskoal. Para Pasis Dikreg Seskoal diwajibkan membuat tugas akhir dalam bentuk Tesis dengan melakukan penelitian. 


Dari penelitian tersebut, diharapkan mampu menghasilkan suatu konsep atau gagasan baru yang ilmiah dan original yaitu mengidentifikasi dan merumuskan masalah yang penting untuk diteliti, meganalisa data sampai merumuskan temuan penelitian, membahas temuan penelitian dengan konsep-konsep dan isu-isu penting serta menarik kesimpulan dan memberikan rekomendasi yang bersifat teoritis untuk pengembangan keilmuan serta rekomendasi praktis sebagai bentuk aplikasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes