partner

partner

 *UI Siapkan Tenaga PAUD untuk Transformasi Pendidikan di Era Pandemi COVID-19*

*Depok – 24 Oktober 2020.* Universitas Indonesia dan Dinas Pendidikan 


Kota Depok telah bekerja sama untuk menyelenggarakan webinar berjudul Penerapan Sistem Keselamatan dan Kesehatan Sekolah serta Pengetahuan Penggunaan Hand Sanitizer dan Disinfektan dalam Upaya Pencegahan Wabah COVID-19. 


Tujuannya adalah untuk mengedukasi guru-guru PAUD se-Kota Depok terkait pandemi COVID-19 dan juga cara mengatasinya. Materi yang disampaikan dibagi menjadi tiga, yaitu ‘Tinjauan Ilmiah Penggunaan Masker, Hand Sanitizer, dan Disinfektan dalam Melawan COVID-19’; ‘Upaya Mengembangkan Sekolah yang Aman dan Sehat’; dan ‘Budaya Membangun Kesehatan di Sekolah’. 


Kegiatan ini merupakan wujud dari Program Pengembangan dan Pemberdayaaan Masyarakat Universitas Indonesia (PPM UI) skema Kerja Sama PPM dan diikut sertai oleh lebih dari 700 peserta mewakili Lembaga PAUD se-Kota Depok. Kegiatan dibuka pada pukul 08.00 WIB dengan menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya. 


Kemudian sambutan dari Dr. rer. nat. Agustino Zulys selaku Ketua Pelaksana dimana ia menekankan pentingnya kegiatan ini agar terutama pada masa pandemi COVID-19. 


“Di tengah situasi wabah COVID -19 ini, tentu perlu upaya dari kita semua sebagai pendidik untuk menerapkan suatu aturan agar sekolah kita menjadi sekolah yang aman dan sehat untuk murid-murid kita,” ujarnya. 


Sambutan berikutnya disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Drs. M. Thamrin, S.Sos., MM. Ia menyatakan harapannya untuk kegiatan ini, “Mudah-mudahan (kegiatan ini) bisa memberikan manfaat kepada para tenaga pendidik di Pendidikan Anak Usia Dini Kota Depok. 


Dengan harapan bahwa Bapak Ibu (pendidik), dalam melaksanakan atau menyiapkan new normal pasca pandemi COVID-19, sudah siap terkait keselamatan dan kesehatan.” Sesi pembukaan ditutup dengan penyerahan plakat dari UI kepada pihak Dinas Pendidikan Kota Depok. 


Materi pertama yang berjudul ‘Tinjauan Ilmiah Penggunaan Masker, Hand Sanitizer, dan Disinfektan dalam Melawan COVID-19’ disampaikan oleh Agustino. Selain menjadi dosen di Departemen Kimia UI, Agustino juga merupakan konsultan ahli PMI untuk pembuatan disinfektan. Ia menjelaskan tentang coronavirus secara ilmiah, serta efektifitas, prinsip kerja, cara penanganan, dan cara penggunaan beberapa alat pencegah COVID-19. 


Materi berikutnya, ‘Upaya Mengembangkan Sekolah yang Aman dan Sehat’, disampaikan oleh Dr. Dra. Dumilah Ayuningtyas, MARS. Dosen FKM tersebut menyampaikan bahwa agar siswa sehat membutuhkan sekolah yang sehat juga, “Healthy people in healthy community,” ujarnya. 


Kemudian materi terakhir dijelaskan oleh Dr. dr. Anna Rozaliyani, M.Biomed., Sp.P(K) dengan judul ‘Budaya Membangun Kesehatan di Sekolah’. Ia merupakan dokter penanggung jawab pasien (DPJP) COVID-19 di beberapa RS Darurat Penanggulangan COVID-19. dr. Anna menegaskan pentingnya peran sekolah dalam mempromosikan kebiasaan hidup sehat, termasuk pola makan yang baik, budaya membuang sampah pada tempatnya, dan budaya tidak merokok. 


Untuk mejaga semangat pada peserta, setiap materi didampingi dengan kuis interaktif melalui mentimeter. 


Peserta dengan nilai tertinggi mendapatkan hadiah paket hand sanitizer dan disinfektan dari panitia. Antusiasme mereka terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang ditujukan kepada pembicara. Rangkaian kegiatan ditutup oleh MC pada pukul 15.00 WIB. 


"Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dan peserta juga antusias. Semoga pandemi ini segera mereda dan ilmu yang disampaikan dapat diterapkan dengan optimal." ujar Sela salah satu anggota Tim Pengmas UI.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes